Sukses

Ini yang Harus Diperhatikan pada Payudara Saat Akan Beli Bra

Payudara wanita bentuknya tidak seragam dan bisa berubah-ubah ukurannya, sehingga pastikan Anda selalu mencoba saat beli bra.

Liputan6.com, Jakarta Ukuran bra seorang wanita adalah sesuatu yang dia ketahui secara pasti. Sayangnya, tak banyak wanita yang bahkan mengetahui berapa ukuran payudara mereka sebenarnya, dan lebih memilih untuk mengikuti ukuran rata-rata. Rata-rata wanita berukuran 34B dan 36C.

Ukuran rata-rata ternyata menciptakan masalah tersendiri. "Kebanyakan wanita merasa bahwa kedua ukuran tadi adalah ukuran standar. Jadi, ketika akan memilih bra, mereka biasanya akan mulai mencoba dari kedua ukuran tadi. Hal ini membuat mereka tidak pernah benar-benar tahu bagaimana seharusnya bra yang tepat melekat di payudara Anda," jelas Jenny Altman, ahli gaya dan kebugaran untuk Aerie.

Jika Anda termasuk wanita yang mengenakan bra dengan salah satu ukuran tadi, tidak usah khawatir. Dilansir dari Prevention, Senin (27/2/2017), ini dia tiga tanda bahwa Anda mengenakan ukuran yang salah:

1. Karet lingkar Bra Anda bisa naik turun

"Jika Anda sudah memasang bra Anda dikaitan paling kecil dan bra Anda masih belum terpasang rapat, bra Anda terlalu besar," ujar Altman. Karet lingkar bra Andalah yang menyangga payudara, dan bukan tali bra.

Hal ini akan semakin penting jika Anda memiliki ukuran cup C ke atas, karena Anda akan bergantung pada bra Anda untuk menghindari sakit punggung.

Ukuran karet lingkar yang tepat juga sangat penting jika Anda mengenakan bra tak bertali.

Tanda lain bahwa lingkar bra Anda terlalu besar adalah: tali bra yang menekan bahu atau butuh untuk dikencangkan secara terus menerus.

Jadi, jika Anda mengenakan ukuran 36C namun bahu Anda sakit pada penghujung hari, cobalah mengenakan bra berukurang 34 dengan cup D. "Banyak wanita memiliki apa yang aku sebut 'takut D', karena mereka pikir memiliki cup D artinya mereka kelebihan berat badan, tapi hal itu tidaklah benar," jelas Altman.

Namun jika Anda masih belum yakin sudah mengenakan ukuran yang tepat, Anda bisa melakukan cara ini: Periksalah bagian belakang bra Anda di kaca. Apakah karet lingkar bra Anda sudah lurus melingkari punggung, pararel dengan lantai?

Jika iya, maka kemungkinan besarnya ukuran bra Anda sudah tepat. Jika karet lingkar bra Anda naik atau tertarik, Anda membutuhkan ukuran yang lebih kecil untuk payudara Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiap merek beda ukuran

2. Payudara Anda menyembul

Lihatlah ke bagian depan bra Anda. Jika payudara Anda seolah meluap, baik di bagian depan maupun bagian samping, itu artinya Anda tidak memiliki cukup ruang di cup bra Anda.

Sembulan belahan dada memang indah, namun jika sembulannya bisa terlihat dari balik baju malah akan terlihat jelek.

"Juga, jika area di bagian antara kedua cup Anda mengambang atau tidak menyentuh kulit, dan bukannya menempel rapat, waktunya memberbesar cup Anda satu ukuran," tambah Altman.

3. Semua bra Anda berukuran sama

Tidak semua bra dibuat sama. Hanya karena Anda mengenakan ukuran 34B untuk demi bra, belum tentu Anda memiliki ukuran yang sama pada bra berjenis full-coverage (yang menutupi seluruh payudara). "Coba bayangkan bra itu seperti celana jeans," ujar Altman, "Anda bisa saja mengenakan jeans berukuran 28 untuk jeans jenis boyfriend, tapi Anda mengenakan jeans dengan nomor ukuran yang lebih besar untuk skinny jeans."

Dan sama seperti jeans, masing-masing merk bra biasanya memiliki standar ukurannya sendiri.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini