Sukses

Ini Kenapa Menstruasi Kadang Datang Lebih Cepat

Liputan6.com, Jakarta Pernahkan Anda kaget karena menstruasi ternyata sudah tiba sebelum waktunya? Dan tak heran saat hal ini terjadi, wanita lantas bertanya-tanya, ada apa dengan siklus mereka? Atau apakah hal ini menandakan suatu masalah yang lebih serius.

Melansir The Health Site, Minggu (26/2/2017), Dr Maya Lula, seorang konsultan kandungan dan kebidanan di Nanavati Super Speciality Hospital India, menjawab kebingungan Anda.

Menurutnya, ada beberapa alasan kenapa menstruasi bisa datang lebih cepat. Biasanya, siklus normal seorang wanita adalah 28 hari, namun siklus yang lebih singkat atau lebih panjang sering terjadi.

Siklus paling pendek adalah 21 hari dan paling panjang adalah 35 hari. Perbedaan sebanyak 5-7 hari dari jadwal biasanya bukanlah sesuatu yang perlu Anda khawatirkan. Jika lebih dari itu, barulah Anda boleh waspada dan kunjungilah dokter kandungan Anda.

Dr Lula juga menyarankan wanita untuk selalu memantau jadwal menstruasinya. Selama perubahan siklus itu terjadi tidak lebih dari 7 hari, maka hal itu masih normal.

Menstruasi datang lebih cepat bisa disebabkan oleh beberapa hal. Jika Anda sedang stres, hal ini akan mengakibatkan ketidakseimbangan hormon. Ini bisa berkontribusi pada percepatan atau penundaan siklus menstruasi.

Gangguan emosional juga bisa mempengaruhi hormon. Hal ini bisa menyebabkan menstruasi jadi berantakan.

Siklus menstruasi Anda juga bisa dipengaruhi oleh beberapa hal lain, seperti pil KB, atau konstrasepsi darurat. Jika Anda aktif secara seksual dan menggunakan pil-pil tadi, ada kemungkinan menstruasi Anda akan tiba lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.