Sukses

Ini Cara Mengatur Posisi Makanan di Dalam Kulkas

Penempatan makanan, minuman, bumbu makanan, atau bahan makanan mentah di dalam kulkas sering kali membuat pangan tersebut cepat basi.

Liputan6.com, Jakarta Penempatan makanan, minuman, bumbu makanan, atau bahan makanan mentah di dalam kulkas sering kali membuat pangan tersebut cepat basi, juga membuat aroma kulkas tidak sedap.

Suhu di dalam kulkas rupanya berbeda-beda, hal inilah yang memperngaruhi ketahanan makanan dan minuman. Mengutip Greatist, Minggu (26/2/2017) berikut penempatan makanan dan minuman yang paling tepat agar lebih awet dan tahan lama.

Freezer

Bila Anda ingin menyimpan bahan makanan atau makanan jadi di dalam freezer, pergunakanlah wadah atau kotak plastik agar aroma dari beragam makanan tidak tercampur menjadi satu. Menyimpan dalam kotak juga dapat memperpanjang masa makanan dan lebih rapi.

Rak di pintu kulkas

Bagian pintu adalah area terpanas dari kulkas. Sebaiknya Anda jangan meletakkan jus juga bumbu makanan karena suhu di pintu kulkas akan mengalami fluktuasi sehingga bisa mempengaruhi kualitas makanan atau minuman.

Rak atas di bawah freezer

Rak-rak di atas kulkas memiliki suhu paling konsisten, sementara rak-rak yang lebih rendah memiliki suhu terdingin. Pergunakanlah rak tersebut untuk menaruh makanan dan minuman jadi. Anda juga bisa mempergunakan rak ini untuk menyimpan buah.

Rak paling bawah

Area ini diciptakan untuk menyimpan buah dan sayuran. Suhu lembab pada rak paling bawah kulkas membantu makanan tersebut lebih tahan lama dan membantu proses pematangan.

Namun, sebelum Anda mengolah dan mengonsumsinya cucilah terlebih dahulu untuk menyingkirkan bakteri atau kotoran yang tidak dapat dijangkau dengan mata telanjang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.