Sukses

Anak Belajar 3 Nilai Ini dari Merapikan Kamar Tidur Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Mengajarkan anak untuk bertanggung jawab harus dimulai sejak dini. Salah satu cara termudah dengan merapikan kamar tidurnya sendiri.

Grishma Griha, seorang guru sekolah dasar, mengatakan penting melibatkan anak untuk membereskan kamar tidur mereka sendiri tanpa bantuan asisten rumah tangga.

"Meskipun prosesnya akan lebih lama, tapi Anda para orangtua akan mengajarkan kepada anak betapa pentingnya tanggung jawab dan aturan kebersihan di rumah," kata Griha dikutip dari India Times, Minggu (26/2/2017).

Kegiatan merapihkan kamar akan menguntungkan bagi anak dan orangtua.

Saat Anda dan si kecil menyortir setumpuk mainannya, pertama mereka akan sadar dan terbiasa menyimpan mainannya kembali ke tempatnya. Kedua, anak juga dapat memilih mainan atau barang-barang yang disukai dan memisahkan barang yang tidak ia butuhkan. Sehingga secara tidak langsung mereka belajar memilih hal mana yang mereka butuhkan dan inginkan.

Tak kalah pentingnya, ketika si kecil sudah bisa memisahkan barang-barang yang sudah tidak terpakai, Anda bisa mengajarkan si kecil untuk berbagi.

"Benda atau mainan yang menyisa bisa disumbangkan atau diamalkan kepada siapapun, ini juga membantu para orangtua untuk mengajarkan anak untuk beramal," Griha menuntaskan.

Artikel Selanjutnya
Mau Anak Anda Betah di Rumah? Simak Caranya!
Artikel Selanjutnya
6 Cara Ajarkan Anak Agar Terbiasa Pakai Uang dengan Bijak