Sukses

Kesehatan Mulut Ternyata Tandakan Kondisi Tubuh

Kesehatan mulut ternyata bisa menggambarkan kondisi tubuh Anda secara menyeluruh.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin berpikir bahwa mulut hanya menjadi tempat masuknya makanan dan minuman ke dalam tubuh. Ternyata fungsi mulut lebih dari itu, mulut merupakan pintu gerbang masuknya berbagai macam zat dari luar ke dalam seluruh tubuh.

Kesehatan mulut penting untuk dijaga mengingat bahwa segala macam penyakit dari kuman dan bakteri masuk melalui mulut. Tapi tahuhkah Anda? Mulut juga dapat berindikasi terhadap kesehatan seseorang.

Penyakit apa saja yang bisa diketahui lewat mulut? Dilansir dari Simple Most, Minggu (26/2/2017) berikut ini adalah tanda-tanda penyakit yang bisa diketahui lewat kesehatan dan kondisi mulut menurut Dr Bill Dorfman, DDS

1. Bau mulut

Mulut yang terasa asam dapat menjadi tanda bahwa Anda menderita diabetes. Bau mulut yang terasa amis juga bisa menandakan adanya gangguan pada bagian hati/liver. Walaupun bau mulut kerap kali dikaitkan dengan kebersihan mulut sebenarnya bau mulut juga bisa menandai penyakit kanker pada paru-paru, tenggorokan dan lambung.

2. Mulut kering

Mulut kering dapat menjadi indikasi berbagai macam penyakit seperti penyakit psikologis (depresi dan cemas), alergi, obesitas, epilepsi, asma dan beragam penyakit lainnya. Mulut kering bisa disebabkan karena minimnya kandungan air liur dalam mulut.

Kegunaan air liur sebenarnya untuk melincinkan dan membersihkan makanan dari bakteri yang masuk lewat mulut. Keringnya air liur dalam mulut dapat menjadi penyakit yang serius seperti sindrom Sjogren.

3.Kerusakan gigi

Menurut Dorfman, kerusakan gigi merupakan tanda adanya masalah tubuh dalam memproses gula darah. Kerusakan gigi terjadi karena adanya kelebihan gula dalam air liur sehingga meningkatkan jumlah bakteri yang mengakibatkan kerusakan pada gigi. Kerusakan pada gigi juga bisa menjadi tanda penyakit diabetes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dari gusi dan lidah

4. Pengoroposan gigi

Didefinisikan sebagai hilangnya subtansi atau komponen pada bagian gigi atau bisa disebut sebagai erosi gigi. Erosi gigi sering dikaitkan dengan Penyakit GERD/asam lambung. Hal ini terjadi karena kandungan asam yang naik dari kerongkongan sampai pada bagian gigi sehingga dapat mengelupas bagian dari enamel pada gigi.

5. Gusi berdarah

Gusi berdarah diindikasikan dengan penyakit Gingvitis atau radang pada gusi. Penyakit ini terjadi ketika gusi berwarna lebih merah dari warna gusi normal. Ketika Anda menggosok gigi bahkan dapat membuat gusi berdarah.

Radang yang terjadi disebabkan oleh munculnya plak pada gusi. Jika dibiarkan dapat mengakibatkan gigi tanggal.

6. Munculnya bintik putih pada lidah

Bintik putih dalam lidah merupakan tanda adanya infeksi atau berkembangnya jamur candida, tanda seperti ini sering disebut sebagai 'oral thrush'. Hal ini terjadi ketika kekebalan tubuh sedang lemah karena penyakit atau mengonsumsi obat-obatan seperti antibiotik.

Tanda-tanda yang dapat terjadi ialah sulit menelan dan sakit pada bagian sudut dan langit-langit mulut.

Ketika sedang rentan terhadap penyakit tahap awal yang bisa dilakukan adalah dengan melihat bagaimana kondisi mulut. Kondisi mulut sangat berpengaruh terhadap penyakit yang sedang diderita.

Dengan banyaknya penyakit yang bisa dilihat dari mulut kita juga didorong untuk menjaga kebersihan pada mulut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.