Sukses

Cek Kesehatan dari 6 Warna Darah Haid

Warna darah saat haid, bisa menjadi petunjuk soal kondisi kesehatan Anda

Liputan6.com, Jakarta Warna darah saat haid, bisa menjadi petunjuk soal kondisi kesehatan Anda. Bahkan tahun lalu, American College of Obstetricians dan Gynecologists melaporkan, hal ini sama dengan pemeriksaan tekanan darah, denyut nadi dan suhu.

Sejumlah ahli menilai, warna darah haid berhubungan dengan hormon yang menjaga kesehatan secara keseluruhan. Jadi ada beberapa perubahan warna yang sebenarnya perlu Anda waspadai.

Merah muda

Anda mungkin memiliki tingkat estrogen yang rendah. Studi menemukan, olahraga berlebihan bisa menjadi penyebabnya.

Meskipun tidak seperti masalah besar, namun kadar estrogen yang rendah dapat meningkatkan risiko osteoporosis jika tidak ditangani serius.

Pakar obat di New York, Margaret Romero mengatakan penyebab potensial lain dari warna darah yang merah mudah adalah gizi buruk, polikistik ovarium sindrom (PCOS), atau perimenopause yang berarti, ovarium Anda mulai memproduksi sedikit estrogen (umumnya, itu terjadi sekitar empat sampai lima tahun sebelum menopause).

Merah pudar berair

Anda mungkin kekurangan gizi, kata Ob-Gyn, Alyssa Dweck, MD, seperti dikutip Womenshealthmag, Minggu (26/2/2017).

Jika warna darah tidak jelas, Anda juga mungkin mengalami gejala anemia berat.

Cokelat gelap

Jangan panik. Ini normal. Meski kadang darah haid yang keluar cenderung lebih sedikit, namun sebagian besar kasus menunjukkan hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merah selai

Merah selai dengan gumpalan

Anda mungkin memiliki tingkat progesteron yang rendah dan tingkat estrogen yang tinggi, kata Dweck.

Bekuan darah sebesar seperempat atau lebih menunjukkan ketidakseimbangan hormon yang serius. Romero menyarankan untuk mengurangi konsumsi susu, kedelai dan gula.Kemungkinan lain adalah terjadi fibroid rahim. Meski gumpalan darah sering menyakitkan namun Anda perlu pemeriksaan USG.

Campuran abu-abu dan merah

Anda mungkin memiliki infeksi, seperti penyakit menular seksual (STD/STI). Anda mungkin juga mengalami bau darah yang busuk, bau nekrotik," kata Dweck.

Wanita yang mengalami keguguran juga melihat gumpalan darah abu-abu. Jadi jangan sepelekan hal ini bila Anda sedang hamil.

Merah terang

Anda memiliki periode reguler yang sehat. Sekali lagi, semua orang normal mungkin akan melihat warna darah haid yang berbeda, tetapi secara umum, aliran merah yang konsisten terang seperti cherry adalah sinyal bahwa semuanya bekerja sebagaimana mestinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.