Sukses

7 Makanan Ini Sebaiknya Jangan Disimpan di Kulkas

Liputan6.com, Jakarta Fungsi dari kulkas atau lemari es memang diciptakan untuk mengawetkan beragam bahan makanan serta makanan dan minuman jadi. Namun, kebiasaan menyimpan makanan di kulkas dapat mengurangi kandungan nutrisi jika kelamaan berada di ruang dingin tersebut.

Contohnya adalah telur. Bahan makanan yang kaya akan omega-3 serta nutrisi baik lainnya ini sering kali disimpan di dalam rak kulkas. Padahal, studi menunjukkan rasa alami dari telur akan meluntur jika kelamaan disimpan di dalam kulkas. Sebaiknya, Anda menyimpan telur dalam kotak plastik dengan suhu yang sejuk.

Berikut daftar 7 makanan yang sebaiknya jangan disimpan di kulkas seperti dikutip dari situs Healthy Leo, Sabtu (25/2/2017)

1. Pisang

Buah bewarna kuning ini rupanya tidak boleh disimpan dalam kulkas. Menurut Marketing Association Produce di Kanada, pisang lebih baik disimpan di atas meja sampai mereka matang. Sebab, suhu dingin dari kulkas dapat memperlambat proses pematangan pisang, ditambah kelembaban dan ruang gelap seperti di dalam kulkas hanya akan membusukkan pisang.

2. Alpukat

Jika Anda membeli alpukat yang tidak matang, Anda tidak harus menempatkannya di kulkas karena alpukat membutuhkan waktu di ruang terbuka untuk mematangkannya. Sementara jika Anda menyimpan alpukat di kulkas, itu akan menghalangi dan menghambat proses pematangan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tomat

Menyimpan tomat di dalam kulkas akan menghilangkan rasa tomat yamg sesungguhnya. Terlebih, udara dingin dari kulkas akan menghentikan proses pematangan.

4. Labu

Menyimpan labu harus pada ruangan yang bereventilasi tinggi untuk menjaga kematangan labu. 

5. Selai kacang

Selai kacang yang disiman di lemari es dapat membuat bahan makanan ini menjadu kering. Jadi sebaiknya hindarilah menyimpan selai kacang di kulkas Anda.

3 dari 3 halaman

6. Tuna

Banyak orang menyimpan tuna kaleng di kulkas, tetapi Anda harus tahu bahwa selama ikan tuna kalengan terbuka bahan makanan tersebut tak lagi fresh bahkan tak layak untuk dikonsumsi.

Jadi, sebaiknya Anda simpan tuna kaleng dalam keadaan tertutup.

7. Sereal

Tidak pernah ditegangkan dengan sereal Anda karena Anda tidak perlu memasukkannya ke dalam lemari es untuk tetap segar. Ini dapat apa-apa tanpa pendinginan. Sekali lagi, kelembaban di lemari es dan suhu rendah dapat merusak tekstur dan membuat sereal kurang renyah.

Sereal yang sudah dibuka dan disimpan kembali dalam lemari es akan mengubah tekstur sereal menjadi kurng renyah. Sebaiknya keluarkan sereal dari lemari es dan simpanlah dalam toples dengan suhu yang sejuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini