Sukses

Rentan Terpapar Kuman, Kulkas Harus Dibersihkan Setiap Minggu

Kuman dan bakteri penyebab penyakit senantiasa hadir di kulkas. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, rutinlah bersihkan kulkas Anda

Liputan6.com, Jakarta Kulkas merupakan salah satu benda yang bekerja paling keras di dapur Anda. Tugasnya menjaga persediaan makanan Anda tetap segar dan awet. Jadi, sudah sewajarnya bila lemari pendingin ini pun dirawat dengan baik.

Kulkas yang senantiasa bersih tak hanya enak dilihat melainkan juga bisa menjaga keawetan makanan dengan baik karena berfungsi maksimal. Lantas, seberapa sering seharusnya alat ini dibersihkan?

Mengutip laman Bustle, Jumat (24/2/2017), Academy of Nutrition and Dietetics menyarankan untuk membersihkan kulkas secara ringan seminggu sekali. Ini termasuk melihat masa kedaluwarsa dan kondisi makanan yang Anda simpan di dalamnya. Dengan begitu Anda meminimalisir risiko keracunan makanan serta bau tak sedap di dalam kulkas.

Saat membersihkan kulkas setiap minggu, Anda pun perlu membersihkan tumpahan makanan di rak kulkas agar tak menyebabkan kontaminasi bakteri terhadap makanan lainnya. Demikian pula dengan pegangan pintu kulkas. Anda perlu rutin membersihkannya karena area ini rentan terpapar kuman.

Bila Anda telah rutin membersihkan kulkas setiap minggu, bukan berarti kemudian Anda tak perlu membersihkannya secara menyeluruh. Membersihkan kulkas secara menyeluruh perlu dilakukan setidaknya empat kali dalam setahun. Ketika melakukannya, Anda perlu mengeluarkan semua isi kulkas dan mematikan aliran listriknya.

Anda bisa membersihkan bagian permukaan kulkas dan raknya dengan spons bersih, baking soda, dan air. Atau Anda pun bisa menggunakan pembersih alami yang berupa campuran cuka, lemon, dan air.

Menyimpan sebotol bubuk baking soda dalam kondisi terbuka di salah satu rak kulkas juga merupakan ide baik. Ini akan menghindarkan kulkas dari bau tak sedap. Ganti baking soda setiap tiga bulan sekali agar tetap segar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini