Sukses

Susu Almond yang Rendah Kalori Tidak Berarti Sehat

Konsumsi susu almond yang konon memiliki kalori yang rendah bukan berarti bisa membuat tubuh menjadi sehat.

Liputan6.com, Jakarta Segelas susu almond murni tanpa tambahan gula memiliki kalori sebesar 50 ccal. Jumlah ini memang lebih rendah bila dibandingkan dengan kalori susu kental manis (162 ccal).

Mengetahui jumlah kalori yang sekecil itu, orang jadi beranggapan bahwa alternatif susu sapi tersebut sehat. Namun, anggapan itu ditepis para ahli, karena ternyata kalori yang rendah bukan berarti sehat.

Ahli diet dari All About Balance, Lauren McGuckin, mengatakan, sebelum mengklaim susu almond sehat, pastikan Anda sudah mengecek semua kandungan, seperti kalsium dan protein, yang tertera di label.

Sebab, bila kedua sumber itu rendah, berarti susu almond tersebut tidak bisa dibilang sehat. Sehingga ketika Anda meminum segelas susu almond, gizi yang Anda peroleh tidak lebih baik ketimbang menyantap langsung segenggam almond.

Lauren menambahkan, setiap susu alternatif, dalam hal ini susu almond, tak jarang ditambahkan pemanis dengan takaran cukup besar. Oleh karena itu, Anda harus mengecek semua informasi nilai gizi yang tertera di label sebelum membeli satu produk susu tertentu.

 

Selain itu, jangan berharap susu almond dapat menurunkan berat badan Anda. Kecuali, Anda meminumnya sesuai takaran, dan tidak lupa untuk rutin olahraga serta menjaga asupan makanan sehari-hari.

"Jika seseorang hanya menggunakan memasukkan susu almond ke dalam kopi atau teh atau menambahkan pada muesli, itu tidak mungkin terjadi adanya perbedaan penting untuk asupan energi secara keseluruhan," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsumsi tanpa gula

Konsumsi tanpa gula

Jika Anda ingin membeli susu almond, pastikan Anda minum tanpa gula sehingga Anda tidak mengonsumsi banyak gula. (Susu almond diberi label "asli" tidak berarti itu tanpa pemanis)

Lauren juga menyarankan, peminum susu almond untuk mencari merek dengan persentase yang almond lebih tinggi--beberapa mengandung bahan terendah 2 persen.

"Bahan pertama biasanya disaring air. Lebih banyak bahan inti berarti Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat kesehatan dan tidak akan membuang-buang uang Anda," jelasnya.

Berikuti ini  kandungan almond di beberapa merek susu almond tanpa gula, dari tertinggi ke terendah:

Pureharvest: 7 persen almond organik aktif

Vitasoy: terendah 3,8 persen almond utuh

Australia Own Organic: 3 persen almond organik

Sanitarium: terendah 2,5 persen almond

Woolworths Select: 2,5 persen almond

Almond Breeze: 2 persen almond utuh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini