Sukses

Istri Kedua, Seperti Mulan Jameela, Akan Selalu Jadi Nomor Dua?

Liputan6.com, Jakarta Media sosial dibuat heboh dengan Ahmad Dhani yang mengunggah fotonya saat masih menikahi sang mantan istri, Maia Estianty, di Instagram. Hal ini tentu membuat netizen bertanya-tanya, "Ada apa?".

Bahkan, tak sedikit juga netizen yang menyarankan dedengkot grup band Dewa itu untuk kembali pada mantan istrinya tersebut, dan meninggalkan istrinya sekarang, Mulan Jameela. Seolah, istri pertama Ahmad Dhani tersebut lebih baik dibanding sang istri kedua

Bicara mengenai pernikahan pertama dan kedua, benarkah posisi istri dari pernikahan berikutnya akan selalu dianggap nomor dua?

Mengutip Huffington Post, Kamis (23/2/2017) ternyata banyak istri kedua yang merasa, mereka memang selalu tak akan jadi yang pertama. Maksudnya bagaimana?

Menurut Kristen Houghton, seorang penulis buku, banyak istri kedua yang merasa, mereka tidak pernah diutamakan, apalagi jika suaminya tersebut telah memiliki anak dari pernikahan pertamanya.

Bahkan ada masanya, istri kedua tadi akan merasa menjadi yang kedua juga dari segalanya di pernikahan mereka. Mulai dari kebutuhan dan keinginan anak-anak dari suaminya, orangtuanya, dan bahkan kadang dari mantan istri sang suami yang tak lain adalah ibu dari anak-anak dalam pernikahan sebelumnya.

Belum lagi, akan lebih banyak kemarahan dan kebencian menyertai pernikahan mereka.

"Aku tahu anak-anaknya membenciku ketika ayah mereka menikah kembali, tapi aku tidak pernah sadar seberapa besar. Aku selalu berada di urutan kedua, ketiga, atau bahkan keempat dalam daftar prioritas suami," ujar salah seorang wanita yang menjadi istri kedua.

1 dari 2 halaman

Bukan yang pertama, tapi yang utama

Padahal, seharusnya seorang istri kedua tak perlu merasa seperti itu.

Istri kedua tentunya akan memiliki permasalahan yang tak akan ditemui di pernikahan pertama. Sebagai istri dari seorang pria yang sudah pernah menikah dan memiliki anak dengan wanita lain, kehidupan pernikahan tidak hanya akan tentang Anda berdua saja.

Ada anak-anaknya, mantan istrinya, dan bahkan mantan mertua. Sang istri kedua akan menemui sekumpulan orang yang tidak terlalu mendukung atau menyetujui pernikahannya. Belum lagi, Anda juga harus membagi suami dengan mantan istrinya, mantan mertuanya, dan anak-anaknya dengan cara-cara yang berbeda. Hal ini tentunya bisa jadi memakan waktu dan melelahkan secara emosional.

Namun, Kristen mengingatkan, kesetiaan suami Anda yang pallng utama harus pada Anda, istrinya saat ini--begitu juga sebaliknya. Hal ini adalah fakta yang tak terbantahkan, yang harus bisa diterima oleh semua orang dari kehidupan suami Anda sebelumnya.

Walaupun biasanya sudah ada pembicaraan tentang anak, mantan istri, dan mantan mertua sebelum Anda berdua menikah, jangan pernah ragu untuk membicarakannya kembali seandainya ada masalah baru yang muncul. Dan pastikan Anda melakukannya sesegera mungkin agar hal itu tidak berlarut-larut. Komitmen yang Anda berdua buat dalam pernikahan haruslah dihormati oleh semua orang di kehidupan kalian. 

Artikel Selanjutnya
Ini Sifat Chris Hemsworth yang Bikin Sang Istri Sebal
Artikel Selanjutnya
Bercerai di Usia Pernikahan Masih Seumur Jagung