Sukses

6 Ritual Sederhana di Pagi Hari Ini Bisa Perkuat Pernikahan

Liputan6.com, Jakarta Apabila Anda sudah menikah dalam waktu lama, biasanya waktu yang bisa Anda habiskan bersama tak lagi terasa seperti sesuatu yang harus dinikmati. Bahkan tak jarang, kesibukan harian Anda berdua membuat kualitas kebersamaan dalam pernikahan jadi menurun.

Saat bangun pagi, alih-alih meluangkan waktu untuk menyapa atau mengecup pasangan, biasanya Anda berdua malah langsung sibuk menyiapkan segala keperluan di hari itu. Mulai dari menyiapkan sarapan, membantu anak berangkat ke sekolah, membereskan rumah, sampai akhirnya siap berangkat bekerja.

Memang, Anda berdua masih saling berkirim pesan, bertukar pendapat, dan berkomunikasi. Namun berapa banyak dari interaksi tadi hanya seputar keperluan semata, bukan karena hanya karena Anda merindukan pasangan dan ingin merasakan koneksi kalian?

Pernahkan Anda berdua sama-sama berhenti sejenak dari segala kesibukan, dan hanya menghabiskan waktu untuk menikmati kebersamaan? Pagi hari adalah waktu yang ideal untuk melakukan hal ini.

Belum lagi, di pagi hari detak jantung dan tekanan darah Anda biasanya sedang rendah dibanding waktu-waktu lain. Inilah mengapa jika Anda bersantai, Anda akan jadi lebih terbuka untuk merasakan keintiman dan keterikatan emosional bersama pasangan, demikian menurut Patricia Johnson dan Mark Michael, penulis Designer Relationship dan Partners in Passion.

Meluangkan waktu sejenak di pagi hari ini bisa membantu memperkuat ikatan dalam pernikahan. Dan untuk mendapatkannya, Anda berdua tak perlu mengeluarkan banyak usaha dan tenaga.

Berikut beberapa ritual pagi hari yang bisa Anda lakukan, seperti melansir Prevention, Kamis (23/2/2017):

1 dari 7 halaman

1. Ucapkan

Terdengar sederhana memang, tapi sebenarnya hal ini bisa memliki efek yang besar. Sama seperti ketika Anda mengucapkan selamat tinggal pada rekan-rekan di kantor, atau pada teman-teman setelah meluangkan waktu bersama, pasangan Anda berhak mendapatkan perlakuan yang sama.

"Tidak mengucapkan "selamat pagi" atau apapun, bisa membuat pasangan Anda merasa terisolasi dan tak dihargai," ujar Sara Sedlik, MD, seorang terapis pernikahan dan keluarga di Kalifornia.

"Dan mengucapkan 'selamat jalan' atau 'selamat tinggal' sama pentingnya dengan mengucapkan 'halo'. Ini adalah cara Anda untuk menghargai pasangan, tak peduli apakah Anda sedang akur atau tidak. Berangkat begitu saja tanpa mengatakan apa-apa akan membuat pasangan merasa terabaikan. Pagi hari adalah waktu yang penuh tekanan, dan mudah memang untuk mengabaikan pasangan Anda, yang bisa berujung pada rasa benci dan tak terkoneksi."

2 dari 7 halaman

2. Bangun 10 menit lebih cepat untuk duduk dan minum kopi

Jika tidak sedang akhir pekan, kapan terakhir Anda menghabiskan pagi bersam sambil minum kpi? Ada alasan kenapa banyak sekali perjanjian bisnis dan persahabatan dibangun bersama secangkir kopi.

Kopi membutuhkan waktu untuk dikonsumsi, dan hal ini memberikan orang-orang waktu untuk benar-benar berkomunikasi.

Ahli percintaan Laurel House menyarankan untuk mengatur alarm Anda 10 menit lebih cepat, sehingga Anda bisa menghabiskan waktu ngopi berdua.

Memang, bangun lebih pagi sepertinya bukanlah sesuatu yang menyenangkan, namun seiring waktu ritual pagi ini akan jadi sesuatu yang Anda berdua nanti-nantikan.

3 dari 7 halaman

3. Beri pujian

Berlaku baik akan selalu menjadi ide bagus. Jika Anda terus-terus terburu-buru di pagi hari, tanpa sempat meluangkan waktu untuk pasangan, Anda mungkin akan lupa untuk menyampaikan pada pasangan kenapa Anda menikahinya, atau kenapa Anda bangga padanya.

Peneliti John Gottman berargumen, untuk menentukan nada dalam pernikahan, Anda perlu menyeimbangkan setiap komen negatif dengan positif. Bahkan walaupun hal ini hanya sesederhana, "Masakanmu enak" atau "Kamu hebat menangani anak kita kemarin," perkataan tadi akan memiliki efek jangka panjang.

Tak ada waktu yang lebih baik untuk memulai hal ini seperti di pagi hari.

4 dari 7 halaman

4. Lepaskan rasa frustrasi

Anda mungkin sudah tahu, berbahaya untuk tidur dalam keadaan marah, namun Sedlik mengatakan, yang lebih penting adalah untuk tidak pernah pergi dalam keadaan marah.

Jika Anda bangun dan butuh untuk meluapkan uneg-uneg, ambillah waktu 5 menit untuk mengatakan apa yang Anda inginkan, dengan cara yang bisa menguatkan pernikahan.

"Pagi hari adalah waktu yang sangat baik untuk mengeluarkan uneg-uneg sehingga sisa hari Anda tidak akan dibayangi oleh perasaan kesal atau marah. Siapa juga yang mau merasa jauh atau tak dipahami saat sedang ingin fokus bekerja?" ujarnya.

5 dari 7 halaman

5. Benar-benar melihat satu sama lain

Masih ingatkah Anda saat awal-awal berkencan dulu? Sepertinya saat itu Anda berdua tak bisa puas menghabiskan waktu bersama, dan mungkin menghabiskan banyak waktu hanya untuk sekedar saling bertatapan.

Tatap mata adahal hal kecil namun penting untuk terus Anda pertahakan dalam pernikahan. Karena ternyata, seiring waktu, orang-orang sering tak lagi saling melihat, jadi sangatlah penting untuk menciptakan kembali sensasi jatuh cinta, ujar Michaels dan Johnson.

"Tatap mata di pagi hari adalah sesuatu yang ideal. Saat masih sedikit gangguan, dan Anda berdua juga lebih mudah untuk merasa sangati dan terbuka.

6 dari 7 halaman

6. Bikin guyonan atau berbagi lelucon

Guyonan Anda bahkan tak harus benar-benar lucu, namun usaha melontarkan lelucon yang garing malah akan bisa membuat pasangan Anda tertawa miris. Atau mungkin Anda berdua sama-sama menyukai lelucon nakal, atau guyonan pribadi yang hanya dipahami oleh kalian berdua.

Intinya, apapun itu, berbagi hal lucu di pagi hari sambil menyiapkan anak-anak berangkat sekolah atau hari Anda, akan memperkuat koneksi.

"Berlaku konyol bisa melepaskan stres dalam pernikahan, dan menciptakan koneksi konstan antara pasangan," tutup Sedlik.