Sukses

Tidak Semua Orang Tahu 5 Fakta tentang Hujan Ini

Berikut fakta unik dan ilmiah tentang hujan yang perlu Anda tahu. Dan dijamin, Anda akan sulit memercayainya.

Liputan6.com, Jakarta Peningkatan curah hujan pada Februari ini telah diperkirakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejak akhir Januari 2017.

Bahkan, BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai bencana hidrometeologi seperti banjir, longsor, banjir bandang, dan pohon tumbang.

Intensitas hujan yang sangat tinggi pada 21 Februari 2017 terbukti menyebabkan beberapa lokasi di Ibu Kota dan sekitarnya mengalami banjir.

Berbicara mengenai hujan, selain bisa mengakibatkan bencana dan timbulnya beragam penyakit, tersembunyi fakta ilmiah lain yang perlu Anda tahu. Berikut fakta unik dan ilmiah tentang hujan, seperti dikutip dari laman Reader's Digest, Rabu (22/2/2017).

1. Hujan tak selalu membuat basah permukaan tanah

Di tempat kering dan panas, terkadang hujan menguap sebelum mencapai tanah. Pakar lingkungan hidup Edward Abbey mendeskripsikan fenomena tersebut sebagai berikut, "Anda melihat tirai hujan menggantung di angkasa sementara makhluk hidup di bawahnya layu mengharapkan sentuhan air. Menderita karena godaan, harapan tak jadi kenyataan. Tiba-tiba awan menghilang meninggalkan hampa."

2. Tak semua tetes hujan adalah air

Di Venus, bulan serta planet lain, hujan terdiri dari asam sulfur atau metan. Bahkan fakta yang lebih anehnya, pada planet yang berjarak 5.000 tahun cahaya dari bumi, para peneliti menemukan tetes hujan berupa besi (iron), bukan
air.

3. Ada cara menghindari basah akibat hujan

Berlari! Henry Reich, sosok di balik kanal YouTube Minute Physics menjelaskan, semakin cepat Anda keluar dari kepungan hujan, maka Anda pun semakin terbebas dari basah, separah apa pun curah hujan yang Anda hadapi.

4. Bentuk dan warna awan bisa membantu memprediksi hujan

Mudahnya begini, bila Anda melihat awan kumulonimbus--awan yang bentuknya tinggi, padat, yang telihat datar di atas--atau awan nimbostratus yang berwarna kelabu dan berada pada ketinggian rendah, Anda boleh yakin bahwa hujan akan turun dalam waktu 24 jam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.