Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

3 Penyakit Infeksi Menyeramkan Ini Bisa Menular Lewat Ciuman

Selain herpes, berikut tiga jenis penyakit infeksi yang dapat tertular melalui ciuman.

Liputan6.com, Jakarta Meski berciuman dengan orang yang Anda sayangi mendatangkan banyak manfaat secara psikologis, sayangnya kontak antar bibir ini juga berpotensi terhadap penyakit infeksi menyeramkan.

Herpes merupakan jenis penyakit yang dapat ditularkan antar individu lewat ciuman. Menurut World Health Organization (WHO) sekitar dua pertiga populasi di dunia memiliki herpes dengan usia di bawah 50.

"Ketika seseorang mencium individu yang memiliki herpes, maka lesi dan membran mukosa mulut akan mempercepat penularan herpes," ujar Idries Abdur-Rahman, M.D., spesialis obgyn kepada Self, Rabu (22/2/2017).

Selain herpes, berikut tiga jenis penyakit infeksi yang dapat tertular melalui ciuman.

1. Sipilis

Ciuman merupakan cara paling umum untuk mengirimkan virus sifilis, dibandingkan dengan berhubungan seks termasuk anal seks.

"Secara teoritis, setiap ada luka terbuka dan atau adanya kehadiran darah infeksi akan semakin mudah ditularkan," kata dokter obgyn, Antonio Pizarro, M.D.

2. Meningitis

Menurut Chris Carpenter, M.D., section head of Infectious Disease and Internal Medicine dari Beaumont Hospital, Royal Oak, Michigan, beberapa kasus meningitis disebabkan oleh bakteri sementara ada juga kasus lain yang terjadi karena virus (termasuk virus herpes).

Bakteri meningitis juga dapat menyebar melalui kontak yang dekat termasuk dengan berciuman. Gejala yang ditimbulkan termasuk leher kaku, demam, dan sakit kepala.

3. Gingivitis

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini dapat menular dengan cara berciuman. Bakteri ini dapat menyebabkan radang gusi bahkan gigi berlubang.
"Kita masing-masing memiliki flora bakteri alami kita sendiri, ketika seseorang memiliki kebersihan yang buruk, maka bakteri tertentu yang ada di dalam dan sekitar jaringan gusi dapat menular," kata Tim Pruett, D.M.D., founder of Flossolution.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.