Sukses

Latihan Mental Seru untuk Maksimalkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan otak kita pun perlahan menurun. Kita memang tidak pernah bisa lari dari faktor usia, tetapi kita bisa mengakali kondisi penurunan fungsi otak tersebut dengan melakukan satu latihan mental ini sebelum kita tidur.

Ketika Anda menyentuh kasur, pejamkan mata dan mulailah mengingat kembali apa saja yang dilakukan sejak pagi hari hingga malam ini sebelum masuk kamar tidur. Coba mengingat semua hal yang dilakukan sedetil mungkin dengan Anda berupaya membayangkan atau memvisualisasikan setiap langkah yang diambil sejak bangun di pagi hari dalam pikiran Anda.

Tentunya pada percobaan pertama Anda tidak akan ingat banyak soal apa yang dilakukan seharian penuh secara detil. Sangat mungkin Anda melewatkan satu momen atau kejadian yang dianggap tidak terlalu penting hingga memori pun tidak termotivasi untuk menangkap momentum tersebut.

Namun, alangkah baiknya jika aktivitas ini dilakukan dengan rajin setiap mau tidur. Kenapa? Seperti dijelaskan di laman Indian Express, Rabu (22/2/2017), mencoba mengingat secara detil aktivitas keseharian kita saat mau tidur membantu meningkatkan daya ingat sekaligus konsentrasi terhadap hal apa pun secara detil.

Kemampuan Anda untuk berimajinasi pun turut meningkat dan disertai jiwa seperti seorang detektif yang bisa memperhatikan dan menginvestigasi suatu hal sampai detil.

Terlebih, Anda akan lebih menikmati keseharian Anda karena tahu nanti malam Anda harus berusaha mengingat setiap langkah yang diambil hari ini secara mendetil. Jadi, setiap detik, menit, jam, gerak-gerik memiliki makna tersendiri yang tak dimiliki hari kemarin atau pun hari esok.

Lalu yang terakhir, latihan mental ini tentunya akan memudahkan Anda untuk tertidur lelap lantaran aktivitas tersebut menguras energi otak dan membuatnya kelelahan dengan pekerjaan berat mencoba mengingat semua hal yang dilakukan seharian sedetil mungkin.