Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Apakah Virus HIV Menular lewat Ciuman?

Kontak sosial seperti ciuman pipi dengan pipi tidak berisiko menularkan HIV. Namun, beda halnya dengan ciuman dalam maupun french kiss.

Liputan6.com, Jakarta Human Immunodeficiency Virus (HIV) menular melalui cairan yakni darah, air mani (cairan vagina), air susu ibu. Lalu apakah ciuman bisa menularkan HIV?

Kontak sosial seperti ciuman pipi dengan pipi tidak berisiko menularkan HIV. Namun, beda halnya dengan ciuman dalam maupun french kiss.

Ciuman dengan mulut terbuka seperti french kiss berpotensi mengalami kontak darah sehingga tidak direkomendasikan dilakukan oleh orang yang diketahui terinfeksi HIV seperti mengutip AIDS.org pada Rabu (22/2/2017).

Meski begitu, ciuman dengan mulut terbuka diyakini memiliki risiko lebih rendah terinfeksi HIV. Selama ini, CDC menginvestigasi satu kasus seseorang terinfeksi HIV akibat ciuman mulut dengan mulut.

Pada kasus di atas, kedua orang yang terlibat ciuman memiliki masalah gusi berdarah (gingivitis). Sehingga sangat mungkin ada kontak darah antara orang dengan HIV dengan yang tidak. Sehingga terjadilah penularan HIV lewat ciuman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • HIV atau Human Immunodeficiency Virus menyerang sistem kekebalan tubuh, yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi.

    HIV

  • ciuman