Sukses

Derita Sindrom Bau Ikan, Bau Badan Wanita Ini Luar Biasa Amisnya

Liputan6.com, Inggris Apa yang terjadi bila bau badan Anda tercium begitu amis layaknya bau ikan? Orang-orang mungkin akan menjauhi Anda. Kondisi tersebut dialami wanita berusia 36 tahun yang mempunyai bau badan amis. Akibat bau badannya, ia harus bekerja shift malam setelah rekan-rekannya mengeluh bau badannya tercium terlalu tajam.

Wanita bernama Kelly Fidoe-White ini telah menghabiskan seluruh hidupnya menderita trimethylaminuria--gangguan yang lebih dikenal sebagai sindrom bau ikan (fish odour syndrome).

Tak ayal, selama 36 tahun hidup, ia harus bertahan dengan bullying dari anak sekolah yang kejam sehingga ia mengalami gangguan kecemasan yang kronis.

Demi menjaga bau badannya jangan sampai terlalu amis, Kelly mandi empat kali sehari, dua kali ganti pakaian, dan memakai seluruh deodoran untuk menutupi bau. Sayangnya, metode itu tidak ada yang ampuh bekerja, ditulis pada Mail Online, Selasa (21/2/2017).

Pekerjaan sebagai radiografer CT/MR di Royal Oldham Hospital, Inggris juga berubah. Kelly menerima banyak keluhan tentang bau badan, ia memutuskan untuk mengubah jam kerja demi membatasi jumlah orang yang mencium bau badannya.

Michael, sang suami berusia 45 tahun ikut terpengaruh oleh badan istri--selama 16 tahun mengenalnya.

"Di awal saat kami hidup bersama, saya menyadarinya. Tapi itu tidak langsung ketika kami pertama kali saling tertarik satu sama lain--itu tidak pernah menjadi masalah. Saya tidak percaya ia mencoba menyembunyikannya dengan baik. Kelly itu tidak percaya diri ketika kami pertama kali bertemu. Dan saya pikir cara terbaik hanya mendukung kondisi tersebut," ungkap Michael.

Kelly menambahkan, Michael telah membantu untuk mengatasi bau badan-nya dengan melihat sisi lucu dari kondisi tersebut.

1 dari 4 halaman

Tubuh tak mampu memecah senyawa

Tubuh tak mampu memecah senyawa

Sindrom bau ikan yang dialami Kelly menandakan tubuhnya tidak dapat memecah senyawa tertentu yang ditemukan dalam makanan, yang mengandung zat disebut kolin.

Hal ini menyebabkan tubuh membuang senyawa dalam keringat , napas, dan urine sehingga mengeluarkan bau menyengat yang tidak bisa dideteksi Kelly. Kelly mulai memeriksakan diri ke dokter pada akhir masa remaja, tapi tidak seorang pun mampu menunjukkan apa yang diderita.

Demi menutupi bau ikan yang amis di tubuh, Kelly memakai deodoran. (Foto: Mail Online)

Setelah meneliti gejala dan menonton film dokumenter, Kelly--yang juga bekerja di Royal Oldham Hospital--mendorong para ahli untuk mendapatkan jawaban dan diagnosis atas kondisinya pada tahun 2015.

"Ada lebih dari satu kesempatan saya akan berkata, 'Saya sudah punya ikan pasta sandwich untuk makan siang,' ketika anak-anak bilang, 'Bau Anda seperti ikan.' Sungguh sulit berurusan dengan seorang remaja. Saya menghabiskan sejumlah waktu tak berguna di kamar mandi sebelum didiagnosis. Mandi air panas, menggosok sampai kulit saya cerah. Dan itu membuat saya sangat stres," jelasnya.

2 dari 4 halaman

Bau menjadi lebih kuat

Bau menjadi lebih kuat

Kelly yang memakai deodoran wangi berlebihan dan mandi tanpa henti membuat kulitnya bereaksi, yang menyebabkan bau amis menjadi lebih kuat. Kini, ia menggunakan sabun mandi sensitif untuk kulit dan minum obat secara teratur untuk meningkatkan kemampuan tubuh memecah kolin.

Sejak bekerja shift malam, Kelly baru-baru ini lebih terbuka dan jujur soal kondisi tubuh dengan rekan kerja terdekat.

Selain deodoran, Kelly juga sehari empat kali mandi agar meminimalisirkan bau. (Foto: Mail Online)

Faysal Bashir yang bekerja bersama Kelly sebagai radiografer CT/MR mengatakan, bau Kelly cukup kuat sehingga siapapun bisa melacak bau di koridor.

"Saya memiliki banyak keluhan soal bau Kelly. Itu juga datang dari berbagai staf di departemen. Sulit ketika Anda mendapatkan keluhan karena Kelly adalah teman yang baik. Tapi bekerja dengan Kelly selama dua tahun sebagai teman shift malam. Saya jadi punya komunikasi yang baik dan bisa mengatakan padanya untuk pergi sejenak dan menyegarkan diri," papar Faysal.

3 dari 4 halaman

Menjadi percaya diri

Menjadi percaya diri

Teman-teman dan keluarganya telah membantu Kelly melalui kesulitan yang dihadapi dalam hidup. Terlebih lagi saat ia mulai menerima kondisi secara tertutup.

Sang suami mendukung Kelly mengatasi bau ikan pada tubuhnya. (Foto: Mail Online)

Kini, Kelly merasa cukup percaya diri berbicara tentang kondisinya. Ia berharap ada orang-orang yang bisa mengatakan padanya, apa yang bisa bekerja untuk menghilangkan bau badannya.

Artikel Selanjutnya
Keajaiban yang Hanya Bisa Dirasakan Orang Buta
Artikel Selanjutnya
Di-Bully Berjanggut, Wanita Ini Tetap PD dan Disayang Pacarnya