Sukses

Penuhi 4 Syarat Ini, Dijamin Anak Tetap Sehat Selama Musim Hujan

Di musim hujan, orangtua perlu melakukan persiapan ekstra untuk memastikan kesehatan anak.

Liputan6.com, Jakarta Musim hujan masih terus datang. Setiap harinya, Anda para orangtua mesti melakukan persiapan ekstra saat menyiapkan anak ke sekolah untuk memastikan kesehatan mereka.

Satu dua kali, anak Anda juga terpaksa harus izin tak masuk sekolah karena sakit. Memang, cuaca di musim hujan memang rentan membuat buah hati Anda terserang berbagai virus dan bakteri.

Lantas bagaimana memastikan agar mereka terus sehat? Hujan memang tak bisa dihentikan, namun anak Anda bisa lebih "diamankan" dengan empat tips sehat di musim hujan ini, melansir The General Pharmacy, Selasa (21/2/2017):

1. Selalu gunakan jas hujan

Anda tak bisa mengandalkan anak menggunakan payung, terutama anak yang lebih kecil. Keseimbangan dan kekuatan lengan mereka yang belum memadai akan membuat penggunaan payung tidak akan optimal. Karenanya, penting bagi anak untuk memiliki jas hujan.

Belum lagi, masih banyak orangtua yang salah paham. Sebenarnya, bukan cuma hujan yang membuat anak sakit, tapi juga cuaca dingin. Jadi ketika anak basah karena hujan, mereka akan kedinginan. Dan ketika suhu tubuh menurun, anak akan jadi lebih rentah terhadap serangan bakteri dan virus.

Karenanya, penting bagi orangtua untuk selalu menyiapkan jaket untuk memastikannya selalu hangat, dan jas hujan untuk melindunginya dari basah.

2. Biasakan mencuci tangan

Kita jadi lebih rentan untuk sakit saat musim hujan karena lebih terekspos pada cuaca dingin dibanding di musim panas. Karenanya, kita juga jadi lebih sering menyebarkan kuman ke satu sama lain.

Kita semua membawa kuman, namun anak-anaklah rajanya. Mereka tidak terlalu sadar terhadap kontak antar sesama dibanding orang dewasa.

Di musim hujan, saat anak-anak "terkurung" di dalam kelas atau rumah mereka jadi lebih rentan terhadap kuman masing-masing.

Bantu mereka untuk mencegah hal ini terus terjadi dengan membiasakan mencuci tangan secara benar. Anak-anak biasanya hanya suka mencuci tangan dengan air, sayangnya hal ini tidak membunuh kuman.

Untuk memastikan kuman benar-benar hilang dan kesehatan terus terjaga, ajarkan anak untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun. Atau, Anda juga bisa membekalinya dengan cairan antiseptik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengamanan ekstra

3. Konsumsi cukup vitamin-C

Tak bisa disangkal lagi, vitamin C memang benar-benar bisa membantu imun tubuh memerangi pengganggu yang tak diinginkan masuk ke dalam tubuh.

Di musim hujan ini, tak ada salahnya memberikan anak vitamin C berbentuk tablet atau sirup, tergantung kemampuan anak mengonsumsinya.

Berikan vitamin-C ini setelah sarapan setiap pagi.

4. Vaksin flu

Jika Anda benar-benar serius untuk melindungi kesehatan anak di musim hujan ini, bawa mereka ke dokter anak. Di sana anak bisa menerima vaksin flu.

Hal ini akan memberikan pengamanan ekstra dan memastikan imunitas anak tetap tangguh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.