Sukses

5 Cara Tetap Tampil Prima di Musim Hujan

Cuaca yang sulit diprediksi membuat sejumlah orang kerap melewatkan beberapa hal di musim hujan.

Liputan6.com, Jakarta Cuaca yang sulit diprediksi membuat sejumlah orang kerap melewatkan beberapa hal di musim hujan. Padahal Kementerian Kesehatan mencatat, setidaknya ada tujuh penyakit yang bisa muncul di musim hujan atau banjir.

Penyakit tersebut yaitu diare, demam berdarah, leptospirosis, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), penyakit kulit, penyakit saluran cerna serta perburukan penyakit kronik yang mungkin memang sudah diderita.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut? Mengutip laman the Cable, catat lima tips berikut ini:

1. Sedia Payung

Sedia payung sebelum hujan itu tak sekadar pepatah. Dalam arti sesungguhnya, Anda harus mempersiapkan payung untuk melindungi diri dari hujan. Setidaknya, saat cuaca panas pun, Anda dapat mencegah flek akibat dampak buruk sinar matahari.

2. Jas hujan

Ini merupakan alternatif selain payung. Meski banyak desain jas hujan yang menarik, Anda harus kembali ingat soal fungsinya. Sebab jas hujan dirancang untuk membuat Anda tetap kering.

3. Sepatu karet

Tren sepatu karet ada gunanya di musim hujan seperti ini. Desain yang lucu dan modis dengan segala warna juga dirancang untuk pria dan wanita. Yang jelas, Anda tak perlu khawatir basah atau kehujanan terutama bila Anda memiliki mobilisasi yang tinggi. 

4. Mengenakan pelindung

Sangat penting untuk melindungi uang, buku, kartu ID dan barang berharga lainnya dari hujan. Seperti halnya pakaian, barang-barang pribadi juga tak boleh luput dari hujan.

Juga untuk mencegah penyakit seperti dlu dan sebagainya, disarankan menggunakan jaket dan sweater untuk tetap hangat.

5. Hindari makeup tebal

Hal ini berlaku khusus untuk wanita. Gunakan makeup minimalis atau waterproof makeup untuk menghindari wajah berubah warna. Anda tidak dapat mengubah cuaca tapi Anda tidak ingin riasan luntur, bukan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini