Sukses

Sediakan 4 Makanan Ini Sebelum Banjir Datang

Empat jenis makanan ini wajib tersedia di rumah sebelum kondisi darurat seperti banjir datang. Dan berikut tips menyimpan makanan lebih awet

Liputan6.com, Jakarta Menyimpan makanan di musim hujan seperti sekarang ini sangatlah penting untuk menjaga kemungkinan terburuk jika terjadi banjir hingga listrik padam. Lantas apa saja makanan yang harus tersedia di rumah? Dan, bagaimana menjaga makanan tetap fresh meski kulkas juga microwave tidak bisa digunakan?

Mengutip Awesome Cuisine, Selasa (21/2/2017) makanan jadi seperti biskuit, wafer, atau keripik kentang yang disimpan dalam kulkas sebaiknya segera dikeluarkan untuk mencegah makanan menjadi lembab dan alot.

Sementara untuk sayuran segar seperti kembang kol, kubis, buncis, dan wortel sebaiknya dibungkus dalam kertas koran atau kantong plastik jenis ziplock bag. Koran dan ziplock dapat menjaga kesegaran sayuran tahan lebih lama.

Melansir Old Fashioned Families, berikut jenis makanan untuk kondisi darurat akibat banjir maupun listrik padam.

1. Selai kacang

Makanan ini mengandung protein tinggi dan baik untuk kesehatan. Anda dapat menyantapnya sebagai makanan pengganjal perut yang bisa disantap dengan roti.

2. Oatmeal

Makanan instan yang sehat ini juga bisa menjadi makanan darurat saat banjir. Selain mudah didapatkan, menyajikan oatmeal tergolong mudah, Anda hanya membutuhkan air panas saja.

3. Madu

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh di musim penghujan, apalagi kala banjir, Anda harus menyiapkan madu. Cairan kental dengan rasa yang manis ini mampu menutrisi tubuh agar tetap fit.

4. Kacang

Makanan satu ini dapat memberikan sedikit energi untuk Anda saat keadaan darurat di musim hujan ini. Terlebih, kacang sangat mudah didapatkan dan disimpan dalam suhu berapa saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.