Sukses

4 Fakta Unik Soal Mata yang Bakal Bikin Anda Takjub

Mulai dari mendeteksi kebohongan hingga penentu rasa makanan, ini kelebihan indera penglihatan manusia yang kerap terabaikan.

Liputan6.com, Jakarta Manusia pada umumnya dikaruniai lima macam indera (panca indera) yaitu, indera penglihatan melalui kedua bola mata, indera pendengaran dan keseimbangan melalui kedua telinga, indera penciuman melalui hidung, lalu indera pengecap pada bagian lidah dan indera peraba sekaligus perasa pada bagian kulit.

Semua alat indera memiliki keunikan dan manfaat masing-masing yang membuat manusia lebih mudah melakukan atau merasakan suatu hal dan menikmati apa pun yang ada di muka bumi ini.

Sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang lupa akan keistimewaan alat indera yang dimiliki dan melakukan banyak hal yang dapat mengancam kesehatan alat indera tersebut.

Alat indera yang seringkali diperlakukan semena-mena adalah mata. Tanpa mata kita akan kesulitan melihat dan dunia akan berubah. Namun meski mengetahui hal tersebut banyak orang tetap saja menatap layar televisi, handphone atau sumber cahaya buatan lainnya dalam jangka waktu lama sampai mata pun bisa rusak.

Melakukan hal tersebut dalam jarak dekat pun kian sering dilakukan dan membuat mata banyak orang menjadi minus, atau plus bahkan silinder.

Manusia perlu menyadari bahayanya melakukan hal tersebut dan juga mengetahui fakta menakjubkan lain soal mata agar lebih berpikir dua kali jika ingin melakukan suatu hal yang dapat membahayakan kesehatannya dalam jangka panjang.

Apa saja fakta unik soal mata yang perlu diketahui lebih jauh? Berikut jawabannya seperti dilansir dari Science Daily, Selasa (21/2/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pendeteksi kebohongan

Fakta unik pertama seputar mata adalah kemampuannya mendeteksi kebohongan orang lain. Ini dilakukan dengan cara memperhatikan gerak-gerik bola mata orang tersebut; jika posisi bola mata cenderung lebih ke atas dan sedikit ke kiri, sangat mungkin orang tersebut sedang berbohong atau mengatakan suatu hal yang bukan fakta. Jika ia mengatakan yang sebenarnya bola mata umumnya akan lebih cenderung ke atas kanan.

3 dari 5 halaman

Penentu rasa makanan dan minuman

Fakta unik kedua soal mata adalah pengaruhnya terhadap hampir semua aspek dalam kehidupan Anda. Salah satunya adalah bagaimana kita menentukan rasa makanan dan minuman yang dikonsumsi. Ini dikarenakan hal tersebut bergantung pada warna makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Bagaimana kita menginterpretasi warna-warna tertentu secara tidak langsung juga mengendalikan bagaimana kita merasakan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

4 dari 5 halaman

Petunjuk jatuh cinta

Ketika sedang kontak mata dengan seseorang yang disukai atau yang dipandang menarik, umumnya ia akan lebih sering berkedip. Ini bisa dilakukan secara sengaja yang menandakan godaan, namun juga bisa tidak disengaja atau secara alami. Terlebih, ketika kita menyukai orang tersebut, sangat mungkin pola kedipan mata kita akan meniru miliknya. Ketika ia berkedip, kita akan mengikuti, baik sekali mau pun dua kali dan seterusnya. Ini juga terjadi sebaliknya ketika orang lain menyukai kita.

5 dari 5 halaman

Pengukur kemampuan minum alkohol

Sebuah studi di Georgia University menunjukan bahwa manusia pemilik warna mata terang seperti biru, hijau, cokelat atau abu-abu cenderung lebih kuat minum alkoholnya dibandingkan mereka yang memiliki warna mata gelap. Mereka juga diketahui lebih menikmati minuman ini tanpa harus ada tekanan sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini