Sukses

Agar Tetap Fit di Musim Hujan, Hindari 9 Kebiasaan Ini

Liputan6.com, Jakarta Beberapa pekan terakhir hujan turun setiap hari. Waktu turun hujan tak menentu membuat banyak orang jadi kehujanan saat berangkat atau pulang beraktivitas. Sayangnya, seringkali orang melakukan kebiasaan-kebiasaan di musim hujan yang membuatnya jadi mudah jatuh sakit.

Berikut sembilan kesalahan yang perlu dihindari saat musim hujan agar tetap bugar. Selengkapnya seperti mengutip Health Site, Selasa (21/2/2017).

1. Lupa membawa jas hujan atau payung

Selama musim hujan, amatlah disayangkan bila tidak membawa 'senjata' saat bepergian. Seperti jas hujan atau payung. Meski pagi-pagi matahari bersinar, belum tentu hal tersebut berlangsung hingga sore hari.

Jika lupa membawa 'senjata' di musim hujan, membuat orang tersebut jadi kebasahan. Alhasil, daya tahan tubuh berkurang dan flu pun mendera.

2. Konsumsi makanan digoreng berlebihan

Mengonsumsi gorengan saat hujan turun terasa amat nikmat ya. Jika terlalu banyak hal ini malah membuat masalah pada saluran pencernaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Absen olahraga

3. Absen olahraga
Hujan setiap hari membuat malas bergerak untuk olahraga. Padahal, orang yang jarang berolahraga membuat tubuhnya lebih rentan terhadap infeksi. Salah satu cara untuk meningkatkannya dengna berolahraga. Olahraga pun tak perlu di luar ruangan, ada banyak contoh olahraga di dalam ruangan.

4. Minum sedikit air
Suhu udara yang rendah membuat kita tidak haus. Padahal tubuh juga perlu air jika kebutuhan air tidak tercukupi malah dehidrasi. Hal ini membuat jadi lesu dan kekebalan tubuh rendah.

5. Tidur berlebihan atau kurang tidur

Saat suhu udara dingin kemungkinan ada dua hal: terlalu lama tidur atau malah kesulitan tidur. Keduanya sama-sama tidak baik karena mengganggu sirkadian tubuh yang berujung memengaruhi imunitas. Jadi, pastikan tidurlah cukup antara 6-8 jam setiap hari.

6. Mengabaikan higienitas 

Suhu udara yang dingin membuat malas untuk mencuci tangan, termasuk saat makan. Hal berpotensi Anda terinfeksi penyakit dari tangan yang penuh bakteri.

3 dari 3 halaman

Menumpuk cucian

7. Makan berlebihan

Saat kelembapan tinggi, membuat metabolisme meningkat hal ini bisa memicu masalah pada pencernaan. Disarankan untuk menghindari asupan makanan tinggi lemak di malam hari.

8. Mengabaikan gejala infeksi

Mata merah dan infeksi telinga merupakan dua kondisi yang umum terjadi pada saat musim hujan. Jika merasa ada muncul gejala awal seperti mata kemerahan atau nyeri pada telinga jangan diabaikan. Tak ada salahnya berkonsultasi ke dokter akan hal ini.

9. Menumpuk cucian

Saat suhu udara dingin, rasa mencuci amat malas sehingga pakaian menumpuk. Nanti saat dicuci sudah menggunung. Alhasil, saat dijemur berjejer-jejer dan lama kering. Kondisi ini membuat pakaian lembap dalam waktu lama yang memungkinkan bakteri berkembang.

Jika menjemur di dalam rumah dan dekat dengan aktivitas penghuni rumah, hal ini bisa memicu infeksi paru pada orang dewasa dan anak-anak. Jadi, jangan biarkan pakaian menumpuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini