Sukses

Tidur Larut Malam Picu Tumbuhnya Jerawat di Wajah

Sebagai orang percaya, jerawat akan tumbuh subur di wajah apabila keseringan tidur larut malam atau kualitas tidur buruk

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang percaya tidur larut malam menjadi penyebab utama tumbuhnya jerawat di wajah, benarkah?

Dilansir dari situs Porcelain Face Spa, Senin (20/2/17) ketika Anda tidur larut malam, atau tidak mendapatkan jam tidur yang cukup, tubuh akan mengalami peningkatan hormon kortisol yang pada akhirnya menyebabkan kulit memproduksi sebum yang lebih banyak.

Tingkat sebum yang tinggi memicu tumbuhnya jerawat. Dr Gil Yosipovich, Profesor Darmatologi dari Wake Forest University School of Medicine, mengatakan, pemicu tumbuhnya jerawat juga berasal dari tingkat stres individu.

"Ada faktor selain kuantitas sebum yang menyebabkan jerawat, kemungkinan besar peradangan jerawat terjadi karena faktor stres," ujar Yosipovich.

Sementara dikutip dari situs Buzzle, dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism disebutkan bahwa kurang tidur menyebabkan peningkatan sitokin (protein yang diproduksi sel).

Ketika produksi sitokin meningkat maka pori-pori kulit akan tersumbat sehingga tumbuhlah jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini