Sukses

4 Langkah Bersihkan Kotoran Telinga

Ingin tahu cara membersihkan kotoran telinga dengan mudah, aman, dan nyaman?

Liputan6.com, Jakarta Kotoran telinga tidak selalu berdampak buruk bagi kesehatan. Bahkan kotoran telinga membantu melindungi rongga telinga dan menjaganya tetap berpelumas.

Kotoran telinga terdiri dari serumen dan memiliki sifat antimkroba sehingga mampu mengatasi infeksi. Namun, kotoran telinga yang menumpuk berlebihan juga mengganggu dan tak indah dipandang. Membersihkan kotoran telinga perlu langkah yang benar-benar cermat dan tepat karena studi menunjukkan kotoran telinga sering terdorong jauh ke dalam bila kita menggunakan cotton buds.

Ingin tahu cara membersihkan kotoran telinga dengan mudah, aman, dan nyaman? Berikut dilansir dari laman Times of India, Senin (20/2/2017):

Langkah 1

Siapkan kain lembut dan basahi dengan air. Gunakan kain yang telah dibasahi untuk membersihkan rongga luar telinga.

Langkah 2

Siapakan baby oil atau mineral atau buatlah bahan berikut:

- Campur garam dengan setengah sendok teh garam dan setengah cangkir air.

- Hidrogen peroksida (maksimal 3 persen atau di bawahnya).

Langkah 3

Tekan kartilage triangular di permukaan luar kanal telinga Anda. Pijat lebut dengan gerakan memutar. Ini akan membantu sirkulasi lebih baik.

Langkah 4

Miringkan kepala ke samping dan biarkan campuran mengering. Lakukan pada sisi lainnya. Ulangi melakukan hal yang sama terhadap telinga lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini