Sukses

Jangan Dikupas, Kulit Buah Juga Bagus untuk Kesehatan

Mengupas buah adalah kekeliruan yang kita lakukan ketika ingin mengonsumsi beberapa jenis buah segar guna menjaga kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi buah segar baik untuk kesehatan fisik dan mental kita. Karenanya banyak ahli menyarankan untuk mengonsumsi buah-buahan segar selain sayuran. Namun terkadang kita melakukan kesalahan kecil yang berdampak besar ketika mengonsumsi buah-buahan tersebut.

Mengupas buah adalah kekeliruan yang kita lakukan ketika ingin mengonsumsi beberapa jenis buah segar. Beberapa buah menyimpan nutrisi dalam kulit maka suatu kesalahan fatal jika kita mengonsumsinya setelah dikupas.

Buah apa saja yang sebaiknya dinikmati tanpa dikupas kulitnya? Berikut daftarnya, dilansir dari laman Times of India, Senin (20/2/2017).

Apel

Buah populer ini kaya antioksidan dan fitonutrien. Tak banyak yang sadar bahwa apel harus dikonsumsi bersama kulitnya. Kandungan antioksidan pada kulit apel membantu melawan penyakit Alzheimer serta masalah degeneratif lainnya.

Kulit apel juga paling banyak serat dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Kulit apel mengandung senyawa yang disebut triterpenoid yang menurunkan risiko kanker.

Pir

Seperti apel, kulit buah pir juga bisa langsung dinikmati bersama buahnya karena kaya serat dan nutrisi. Kulit pir mengandung antioksidan dan fitonutrien anti-inflamasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sawo hingga Mangga

Sawo

Buah berkulit cokelat ini memiliki banyak manfaat kesehatan ketika dikonsumsi bersamaan dengan kulitnya. Kandungan vitamin pada kulit sawo baik untuk kesehatan saluran mukus.

Kulit sawo juga membantu sistem pencernaan jadi lebih baik karena kaya potassium, zat besi, folat, dan asam pantotenik.

Plum

Nah, buah yang satu ini membantu menghalau kecemasan. Plum harus dimakan beserta kulitnya karena mengandung antioksidan asam klorogenik juga merupakan sumber terbaik vitamin C.

Plum cocok untuk meredakan konstipasi dan masalah pencernaan jika dimakan beserta kulitnya.

Kiwi

Kulit kiwi yang seperti berbulu membuat kita selalu mengupasnya sebelum dimakan. Padahal kulit kiwi bisa dikonsumsi dan membuatnya semakin bernutrisi.

Memakan kiwi beserta kulitnya meningkatkan asupan serat hingga tiga kali lipat. Kulit kiwi mengandung vitamin C lebih tinggi.

Mangga

Nah, sama seperti kiwi, mangga pun selalu disajikan dengan dikupas kulitnya. Faktanya kulit mangga membantu membakar lemak dan mengurangi produksi sel lemak.

Kulit mangga juga mengandung karotenoid, polifenol, omega-3, omega-6, dan asam lemak tak jenuh yang membantu memerangi kanker, diabetes, serta gangguan jantung. Kulit mangga bisa dikonsumsi langsung atau dengan cara dimasak beserta daging buahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.