Sukses

Kanker Payudara pada Pria Lebih Mudah Dideteksi

Kanker payudara pada pria bukanlah sekadar mitos atau isu saja.

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan Susan G. Komen Foundation, setidaknya ada 2.600 pria yang didiagnosis dengan kanker payudara invasif dan 440 kematian dikaitkan dengan kanker payudara pada pria.

Selama ini, kanker payudara lebih sering terjadi pada wanita. Padahal, kanker payudara pada pria bukanlah sekadar mitos atau isu saja.

Dokter Heather Hawthorne mengatakan, ada beberapa kebiasaan pada pria yang memiliki peran besar untuk memicu kanker payudara tersebut. Salah satunya adalah kebiasaan minum minuman beralkohol.

"Minum minuman beralkohol dan obesitas dapat meningkatkan kadar hormon wanita, seperti estrogen pada pria. Tingkat abnormal hormon ini dapat berisiko kanker payudara," kata Dokter Heather Hawthorne.

Lalu, bagaimana gejala kanker payudara pada pria?

Biasanya, kanker payudara stadium awal tidak menimbulkan gejala. Penyakit ini paling sering terlihat sebagai benjolan namun tidak nyeri pada bagian payudara atau ketiak. Benjolan ini didiagnosis sebagai tumor yang akan terus berkembang. Karenanya, benjolan yang semakin membesar inilah yang dapat Anda ketahui lewat proses deteksi dini dengan rajin meraba bagian sekitar payudara.

Ada beberapa tanda kemungkinan kanker payudara pada pria yaitu:

- Adanya benjolan yang lebih sering menyakitkan tapi tidak keras

- Puting terasa gatal, bersisik atau ruam- Puting masuk ke dalam- Kerutan kulit pada bagian payudara

- Perubahan ukuran atau bentuk payudara

Bagi Anda para pria, perhatikan setiap perubahan dalam jaringan payudara atau daerah sekitarnya. Jika Anda mendapati beberapa tanda seperti di atas, segera kunjungi dokter.

Meskipun sebagian besar perubahan payudara pada pria tidak berarti kanker, pria harus segera periksa ke dokter jika menemukan benjolan, puting yang berubah atau benjolan di bawah ketiak atau sekitar tulang leher mereka.

Kanker payudara memang lebih mudah dideteksi pada pria, dibanding wanita. Sayangnya, banyak pria yang mengabaikan tanda atau gejala kanker tersebut seperti benjolan, nyeri pada payudara dan keluarnya cairan dari puting.

Dokter Homayoon Sanati, onkologis medis dari Memorialcare Breast Cancer at Orange Coast Memorial Medical Center di California mengatakan, kanker payudara yang paling sering dilihat adalah Luminal B subtype pada pria.

Untuk pria dengan kanker payudara, Dokter Sanati merekomendasikan Anda untuk melakukan konseling dan tes genetik untuk dapat mendeteksi dan mengobatinya lebih cepat. Seperti wanita, risiko kanker payudara pada wanita akan meningkat seiring bertambahnya usia, riwayat keluarga dan gaya hidup. (Aluna Swara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini