Sukses

Sebelum Donor Darah, Baiknya Jangan Lakukan Hal Ini

Selain memiliki niat untuk donor darah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa mendonorkan darah bagi yang membutuhkan.

Liputan6.com, Jakarta Selain memiliki niat untuk donor darah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa mendonorkan darah bagi yang membutuhkan.

Syarat umum agar bisa melakukan donor darah adalah memiliki berat badan di atas 47 kg, usia 17-60 tahun, kondisi sehat, dan tidak sedang menstruasi atau hamil. Selain itu sedang tidak mengonsumi obat dalam dua hari terakhir.

"Minum obat paling tidak dua hari lalu bolehnya. Jadi kalau pagi sebelum donor darah minum obat apa saja, seperti parasetamol apalagi antibiotik tidak diperkenankan donor darah," kata salah satu dokter yang bertugas dalam YOT Lovedonation, Gina Aghnia Huda, di Mal Ciputra Jakarta, pada Minggu (19/2/2017).

Selain itu bila hendak donor darah baiknya tidur cukup, paling tidak tidur lima jam tanpa terganggu. Dengan begitu kondisi keesokan harinya fit dengan tekanan darah sistolik dan diastolik normal.

Lalu, meski tidak wajib, disarankan untuk mengonsumsi makanan non-junk food dua hari sebelum donor darah. "Ini bukan persyaratan absolut, tapi disarankan. Selain darah yang nanti didonorkan baik, bagi tubuh orang tersebut juga baik," kata Gina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini