Sukses

Virsaviya Tetap Kuat Meski Jantungnya Tumbuh di Luar Tubuh

Pentalogy fo Cantrell adalah kondisi langka yang membuat jantung dan organ pencernaan tumbuh di luar dada dan perut

Liputan6.com, Jakarta Sekilas Virsaviya Borun terlihat seperti gadis cilik lainnya. Dia senang menari dan menggambar. Hanya saja, Virsaviya terlahir dengan Pentalogy of Cantrell.

Pentalogy fo Cantrell adalah kondisi langka yang membuat jantung dan organ pencernaan Virsaviya berada di luar perut. Tak hanya itu, gadis cilik usia 6 ini juga kehilangan diafragma, sebagian tulang dada, serta beberapa otot perut.

"Jantungku di sini. Ia berada di luar dadaku dan aku sangat sayang ibuku karena dia selalu menyentuh jantungku. Dia menyukainya," ujar Virsaviya pada NBC Miami sekitar 2015 silam.

Virsaviya dan sang ibu, Dari Borun, berasal dari Rusia. Mereka datang ke AS karena seorang dokter di Boston bersedia membantu mereka. Dari kemudian membuat laman donasi di situs YouCaring agar bisa mengumpulkan 200.000 dollar.

Kondisi Virsaviya semakin mendapat perhatian publik setelah tampil pada salah satu segmen di 2015. Uang itu akan digunakan untuk biaya pengobatan darurat dan operasi jantung Virsaviya. Menurut Dari, para dokter meminta Virsaviya menunggu beberapa tahun sebelum menjalani operasi karena tekanan darahnya tinggi.

"Biaya pengobatannya tentu akan sangat mahal dan aku berusaha mengusahakannya dengan pekerja dinas sosial namun katanya kami tak memiliki kesempatan untuk mengajukan asuransi," cerita  Dari, dikutip dari Good Housekeeping, Minggu (19/2/2017).

Meski begitu, Virsaviya dan Dari mendapat dukungan luar biasa. "Kami tak punya keluarga di sini. Hanya aku dan Virsaviya. Tapi sekarang aku merasa seperti memiliki keluarga karena banyak orang yang peduli pada kami. Mereka menyayangi kami dan ingin membantu," cerita Dari.

Sementara menunggu jadwal operasi di Boston, ibu dan anak ini tinggal di Florida. Cuaca Florida rupanya baik untuk kesehatan Virsaviya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini