Sukses

Tak Perlu Takut, Donor Darah Banyak Manfaatnya

Dengan donor darah tubuh jadi lebih fit karena produksi darah diperbaharui.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang takut donor darah dengan beragam alasan. Mulai dari takut jarum suntik hingga takut darahnya habis. Padahal, donor darah banyak manfaatnya, lho.

"Saat donor darah, yang diambil sekitar 250-300 cc, itu hanya sedikit dari total darah di tubuh kita sekitar 6-9 liter. Jadi enggak apa-apa," kata dokter Gina Adhnia Huda yang bertugas dalam donor darah YOT Lovedonation di Mal Ciputra Jakarta, Minggu (19/2/2017).

Malahan setelah donor darah, tubuh jadi lebih fit karena produksi darah diperbaharui. Selain itu, tekanan darah jadi lebih stabil seperti dikatakan Gina.

"Keuntungan juga bisa didapat bagi mereka yang kelebihan sel darah merah. Karena dengan donor darah, tubuh jadi menyeimbangkan dengan kebutuhan," kata Gina lagi.

Selain itu pada saat donor darah juga bisa diketahui keadaan tubuhnya, misalnya ada hepatitis maupun HIV atau tidak. "Jika ada, sesuai SOP, orang tersebut akan kami beritahu untuk menjalani pemeriksaan lanjutan," katanya.

Jadi tak perlu takut donor darah, ya. Asalkan berusia 17-60 tahun, berat badan di atas 47 kg,  kondisi sehat, tidak sedang menstruasi atau hamil bisa mendonasikan darah bagi orang yang membutuhkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.