Sukses

Baca Buku Tiap Pukul 03.00 Pagi, Kakek Ini Raih 15 Gelar Sarjana

Kakek ini membuktikan bahwa rajin baca buku setiap pukul 03.00 pagi, gelar sarjana pun berhasil diraih. Tak cuma satu gelar, tapi 15 gelar.

Liputan6.com, Jakarta Luciano Baietti adalah bukti kecil bahwa belajar atau mem-baca buku pada pukul 03.00 pagi membuat otak lebih encer. Kebiasaan baik yang sudah dilakukannya sejak lama, membuat pria 70 tahun ini mampu meraih 15 gelar sarjana dari sejumlah perguruan tinggi di seluruh Italia. Sebentar lagi ia siap meraih gelar sarjana ke-16.

Berbagai jenis sertifikat menggantung di dinding kamar tidurnya. Untuk membuktikan betapa hebatnya pria yang pernah menjabat sebagai kepala sekolah ini. Ia tidak lupa menyelipkan foto satu sosok yang telah menginspirasinya untuk tidak pernah mengeluh dalam meraih cita-cita, yaitu Louis-Francois Bertin dari abad ke-19.

Guinnes Book of Records pernah mencatut namanya pada 2002. Saat Luciano Baietti meraih gelar sarjana ke-8 untuk bidang keterampilan motorik.

Ada pun 15 gelar sarjana yang berhasil dia raih karena ketekunannya untuk belajar setiap pukul 03.00 pagi berasal dari banyak bidang. Sosiologisastra, hukum, ilmu politik, dan filsafat. Yang paling berkesan saat dia menimba ilmu di salah satu perguruan tinggi tertua di dunia, Universitas La Sapienza, Roma.

Tak puas telah berhasil meraih delapan gelar sarjana, atas seizin istrinya, Luciano Baietti pun mencoba di bidang yang lain. Kriminologi, strategi militer dari Turin, dan yang terbaru adalah pariwisata dari sebuah universitas online di Naples, yang baru saja ia dapatkan pada awal 2017.

"Saya mengambil berbagai tantangan baru ini guna melihat sejauh apa tubuh dan pemikiran saya dapat bertahan," katanya dikutip dari situs Thenational AE pada Minggu (19/2/2017)

Usianya boleh saja tua. Namun, dia selalu berpikir bahwa setiap harinya manusia membutuhkan ilmu baru. Oleh karena itu, dia selalu menjadikan kegiatan baca buku pada pukul 03.00 pagi sebagai rutinitas. Agar ia dapat meraih gelar sarjana dari bidang lainnya.Ia pun berencana mengejar gelar sarjana untuk ilmu pangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini