Sukses

Kenapa Gelitik Diri Sendiri Tidak Terasa Menggelikan?

Hampir semua orang merasa geli ketika digelitik oleh orang lain, namun kenapa hal tersebut tidak memungkinkan jika dilakukan sendiri?

Liputan6.com, Jakarta Kenapa meng-gelitik diri sendiri tidak terasa menggelikan sebagaimana kalau kita sedang digelitik oleh orang lain? Ini merupakan hal yang terus menjadi pertanyaan bagi banyak orang.

Seperti diinformasikan laman Daily Mail, melansir Sabtu (18/2/2017), Sebuah penelitian berhasil mengungkap hal yang selama ini menjadi pertanyaan banyak orang.

Menurut penelitian di University of London, ketika seseorang berupaya menggelitik dirinya sendiri, sistem motorik tubuh akan secepatnya mendeteksi gerakan sensorik dari tangan yang mendarat di bagian tertentu yang digelitiki.

Dengan begitu, seketika itu juga otak akan membatalkan sensasi geli karena gerakan motorik tubuh sudah sebelumnya diprediksi oleh otak. Penyajian informasi tersebut dari otak kecil (Cerebellum) ke otak membuat elemen kejutan tidak ada dan untuk merasa geli, elemen kejutan sangatlah diperlukan.

Ketika orang lain menggelitiki kita, umumnya kita tidak akan mengetahui hal tersebut. Kalau pun ia sudah menunjukan niat untuk melakukannya, kita tidak akan bisa sepenuhnya menprediksi kapan tangannya itu akan mendarat di bagian tubuh tertentu yang akan digelitiki.

Kita pun tidak akan tahu bagian tubuh mana yang akan menjadi target untuk di-gelitik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.