Sukses

7 Alasan Anda Selalu Merasa Lelah Setiap Saat

Bingung kenapa Anda selalu kelelahan dan kehilangan semangat? Cek disini alasannya.

Liputan6.com, Jakarta Merasa lelah adalah respon yang umumnya dirasakan seseorang sehabis melakukan aktivitas penguras energi fisik dan otak. Namun beberapa orang merasakannya bahkan setelah seharian tidak melakukan apa pun yang menguras energi otak atau pun fisiknya.

Apa kira-kira alasannya? Simak jawaban berikut seperti dilansir dari Women’s Health Magazine, Sabtu (18/2/2017).

Bangun kurang pagi

Menyalakan alarm setiap lima menit bukan startegi tepat untuk membuat Anda sepenuhnya terbangun di pagi hari. Cara terbaik adalah untuk menyalakan alarm pada satu waktu yang ditentukan saja dan pastikan diri Anda terbangun sepenuhnya di pagi hari itu. Studi yang dilakukan oleh peneliti di Harvard tahun 2008 silam menunjukan, orang yang bisa bangun pagi lebih bisa mengatur waktu tidurnya di malam hari dan menjadi lebih aktif di pagi hingga siang hari. Performa bekerja sekaligus kesuksesan mereka pun lebih terjamin. Bangun terlalu siang akan membuat tubuh jadi lebih lelah bukan berenergi.

Dikelilingi oleh atmosfir negatif

Jika Anda memiliki teman bekerja yang selalu mengeluh dan menceritakan hal-hal yang menjauhkan Anda dari inspirasi, maka sangat mungkin Anda merasa jauh lebih lelah ketika sampai rumah. Masukan informasi yang negatif ke dalam otak pasalnya membuat Anda capai dan stres.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kekurangan magnesium

Kekurangan zat magnesium juga kerap diasosiakan dengan perasaan terlalu lelah. Alangkah baiknya jika Anda mulai rajin mengonsumsi kacang-kacangan, buah alpukat dan sayur-sayuran hijau. Jenis makanan tersebut akan membantu Anda menyimpan energi lebih banyak untuk beraktivitas sehari-hari.

Benci pekerjaan

Ketidaknyaman yang dirasakan di tempat kerja tentunya menjadi salah satu alasan kenapa Anda selalu merasa lelah saat pulang ke rumah. Agar kelelahan tidak berkepanjangan, sangat disarankan untuk Anda memikirkan kembali apakah Anda harus melanjutkan bekerja di tempat tersebut atau tidak.

Jarang berolahraga

Tubuh yang jarang dilibatkan dalam kegiatan olahraga tentunya akan menjadi lemas dan tidak bugar. Jarang berolahraga jadi akan membuat Anda kurang bersemangat setiap hari bahkan setelah mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

3 dari 3 halaman

Jarang terkena sinar matahari

Ini semua berhubungan dengan ritme sirkadian Anda. Menurut artikel bertajuk Environmental Health Perspectives karya Nathaniel Mead, ketika seseorang terkekspos cahaya matahari, nocturnal melatonin-nya lebih cepat diproduksi sehingga ketika malam hari mendapatkan waktu tidur lebih baik daripada yang jarang terkena sinar matahari. Ketika Anda mendapatkan waktu tidur yang lebih baik, dipastikan Anda tidak akan selalu merasa lelah setiap saat.

Sering konsumsi makanan proses

Terlalu sering mengonsumsi makanan yang diproses juga menjadi penyebab utama Anda merasa kelelahan setiap saat. Kandungannya yang bermacam-macam dan umumnya tidak sehat akan mengganggu proses pencernaan dalam tubuh yang mana bisa berefek ke stamina tubuh. Makanan yang diproses juga pasalnya tidak memberikan energi yang cukup kepada tubuh sehingga membuatnya lebih sering kelelahan dibandingkan aktif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini