Sukses

Ternyata Jerawat Punya Efek Baik untuk Kita di Kemudian Hari, Lho

Apa saja efek baik jika wajah kita selalu dihiasi dengan jerawat yang terkadang mengganggu penampilan kita?

Liputan6.com, Jakarta Jerawat yang tiba-tiba tumbuh di wajah memang menyebalkan. Kemunculan yang tak diharapkan itu seringkali mengganggu penampilan kita.

Walaupun sepertinya jerawat tidak memiliki manfaat apapun, tetapi tahukah Anda bahwa jerawat memiliki hal positif di balik kemunculannya?

Menurut penelitian yang baru dari King’s College London, para peneliti tersebut mengatakan bahwa ada hal yang sangat positif di balik tumbuhnya jerawat di kulit kita.

“Selama bertahun-tahun para spesialis kulit telah mengidentifikasikan bahwa orang yang memiliki masalah dengan kulit berjerawat, ternyata proses penuaan akan terjadi lebih lambat pada dirinya, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengalami masalah jerawat selama hidupnya,” ujar salah satu peneliti studi, Dr. Simone Ribero, seperti dilansir dari Newbeauty, Sabtu (18/2/2017)

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Investigative Dermatology tersebut, melaporkan bahwa tanda-tanda khas penuaan seperti keriput dan kulit yang menipis, terbukti akan muncul lebih lama pada siapa saja yang menderita akibat masalah jerawat.

Alasannya? Karena kulit yang rawan berjerawat cenderung memiliki suatu pelindung kulit yang umurnya lebih panjang dan terletak di ujung telemorenya (kromosom dalam sel darah putih), yang mencegah kromosom di tubuh agar tidak melemah.

Bahkan bonusnya, lapisan pelindung tambahan tersebut juga mencakup hal-hal lain yang berkaitan dengan proses penuaan, seperti flek hitam di kulit serta tumbuhnya uban. Jadi, jangan jangan terlalu jengkel jika jerawat terkadang muncul di kulit Anda, karena sebenarnya jerawat memiliki manfaat lain bagi Anda di kemudian hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih.

    Jerawat

Video Terkini