Sukses

Ingat Pesan Ibu untuk Tak Langsung Tidur Setelah Makan

Liputan6.com, Jakarta Pasti banyak di antara Anda yang dimarahi ibu karena langsung tidur setelah makan malam. Ibu memang hanya berkata tidak baik untuk kesehatan. Paling sering yang ibu bicarakan adalah tidur setelah makan bisa bikin gemuk.

Anda harus tahu bahwa omongan ibu ada benarnya. Sebuah studi yang dipublikasikan pada 2012 menyebut, tidak tidur setelah makan, atau memberi jeda selama 60 sampai 70 menit baru beranjak ke tempat tidur, dapat mengurangi risiko stroke sebesar dua per tiga.

Ahli Gizi di University of Loannina Medical School di Yunani, Cristina-Maria Kastorini, mengatakan, setiap 20 menit waktu yang Anda gunakan untuk menunggu, risiko mengidap stroke turun 10 persen.

Hasil ini pernah ia sampaikan pada European Society of Cardiology Congress 2011.

Sudah banyak hasil penelitian yang membeberkan risiko penyakit apa saja yang bakal diidap oleh orang yang gemar tidur setelah makan. Mudah terserang penyakit GERD dan juga meningkatkan kondisi sleep apnea.

Untuk melakukan penelitian ini, Cristina dan tim melibatkan 500 orang sehat. 250 orang memiliki stroke dan sisanya mengidap sindrom koroner akut.

Cristina menjelaskan bahwa sindrom koroner akut adalah jenis yang paling umum dari penyakit jantung, di mana biasanya aliran darah ke jantung berkurang karena penyumbatan pada arteri, yang menyebabkan sesak di dada bahkan serangan jantung

Hasilnya di luar perkiraan. Orang yang menunggu untuk tidak langsung tidur setelah makan selama 60 menit, risiko stroker berkurang 66 persen.

Sedangkan responden yang menunggu selama 70 menit sampai dua jam, dapat mengurangi risiko stroke sebesar 76 persen.

Seperti dikutip dari situs Web MD dan Healthy Nation, Jumat (17/2/2017), penelitian ini harus diuji lagi kepada responden dengan jumlah yang banyak dan dari berasal dari usia yang beragam pula.

Sebab, bisa saja masalah diperparah dengan faktor-faktor lainnya seperti berat badan, aktivitas fisik, merokok, diet, dan riwayat keluarga dengan penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, dan diabetes.

Mulai sekarang, kalau ibu mengimbau Anda untuk tidak langsung tidur setelah makan, ada baiknya digubris.

Artikel Selanjutnya
Stres, Penyebab Hipertensi pada Remaja
Artikel Selanjutnya
Kurang Tidur Bikin Bobot Melonjak, Kok Bisa?