Sukses

4 Gerakan Bikin Paha Langsing

Berikut empat gerakan latihan yang membantu Anda mendapatkan paha langsing.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki sepasang paha langsing dan jenjang sepertinya jadi impian setiap wanita. Banyak wanita yang merasa timbunan lemak di pinggul dan paha semakin banyak seiring bertambahnya usia mereka.

Sebelum menopause, tubuh wanita memang lebih banyak menyimpan lemak di area ini sehingga tubuh menyerupai buah pir. Ribuan tahun lalu, lemak yang tersimpan di area ini telah membantu para wanita goa bertahan hidup saat menghadapi kekeringan dan kelaparan.

Wanita yang mudah memiliki timbunan lemak di pinggul dan paha cenderung mudah melahirkan dan menyusui bayi meski menghadapi musim kekeringan. Dalam masa kehamilan dan menyusui, tubuh memerlukan sebanyak 1.000 kalori ekstra setiap hari. Kondisi ini bersifat diturunkan secara genetika kepada generasi berikutnya. Ini pula yang menjadi alasan mengapa lemak paha sulit untuk dihilangkan.

Tapi bukan berarti tak ada cara untuk mengatasinya. Berikut empat gerakan latihan yang membantu Anda mendapatkan paha langsing, dikutip dari laman Prevention, Jumat (17/2/2017):

1. Gerakan 1: Seated Pillow Squeeze

Duduklah di kursi yang kokoh. Letakkan kaki di lantai dengan lutut membentuk sudut 90 derajat. Letakkan bantal di antara paha Anda.

Buang napas saat Anda menekan bantal di antara paha, seolah Anda berusaha mengeluarkan isi bantal. Tahan selama 1 menit dan bernapaslah normal. Lepaskan tekanan dan lanjutkan ke gerakan 2. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerakan 2-4

2. Gerakan 2: Seated Hand Push

Duduklah di kursi yang kokoh. Letakkan kaki di lantai dengan lutut menekuk sudut 90 derajat. Letakkan telapak tangan di bagian samping luar lutut. Dorong kaki ke arah luar, menekan telapak tangan dan pada saat yang bersamaan tekan telapak tangan ke dalam seolah menahan lutut melakukan gerakan membuka. Tahan kontraksi isometrik ini selama 1 menit, bernapas normal. Lepaskan dan lanjutkan ke gerakan 3.

3. Gerakan 3: Seated Leg Raise

Duduklah di kursi yang kokoh. Letakkan telapak kaki di lantai dengan lutut menekuk 90 derajat. Letakkan kedua tangan Anda di samping, berpegangan pada bantalan kursi. Buang napas ketika Anda mengangkat dan menjulurkan kaki kanan. Tahan selama 30 detik dan bernapaslah dengan normal. Lalu tarik napas dan turunkan kaki kanan secara perlahan. Buang napas saat mengangkat kaki kiri. Tahan selama 30 detik dan bernapaslah normal. Lepaskan dan lanjutkan dengan gerakan 4.

4. Gerakan 4: Seated Bridge

Duduklah di tepi kuris yang kokoh. Letakkan telapak kaki di lantai dengan lutut menekuk sudut 90 derajat. Letakkan telapak tangan di kursi di belakang Anda. Buang napas saat Anda mengangkat pinggul, biarkan tangan dan kaki menopang berat tubuh Anda. Lanjutkan mengangkat pinggul hingga tubuh Anda menyerupai jembatan. Tahan selama 20 hingga 60 detik dan bernapas secara normal. Lepaskan dan kembali ke gerakan 1.

Ulangi melakukan gerakan 1 hingga 4 sekali lagi. Lakukan latihan ini setidaknya tiga kali dalam seminggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini