Sukses

Orang Obesitas Baiknya Makan Salmon untuk Perbaiki Imun Tubuh

Mengonsumsi ikan kaya omega-3 seperti salmon bisa memperbaiki imunitas tubuh pada obesitas.

Liputan6.com, Jakarta Kelebihan berat badan maupun obesitas bisa mengganggu sistem imunitas tubuh seseorang. Namun sebuah studi berhasil mengetahui cara agar performa imunitas tubuh kembali meningkat. Caranya dengan makan ikan yang kaya minyak seperti salmon dan mackarel.

Saat berat badan sudah berlebih dan obesitas, membuat tubuh hanya sedikit memproduksi antibodi. Alhasil, imunitas tubuh rendah sehingga rentan terinfeksi bakteri dan virus.

Dengan teratur mengonsumsi ikan kaya asam lemak omega-3 seperti salmon seminggu dua kali bisa mengembalikan kerusakan tubuh akibat sistem kekebalan tubuh yang lemah karena kelebihan berat badan seperti mengutip Daily Mail, Jumat (17/2/2017).

Menurut peneliti dari Liverpool John Moores University, Inggris, kandungan asam lemak omega-3 itu baik bagi individu obesitas. Lewat studi terhadap tikus yang obesitas, pemberian 2-hydroxyoleic acid sebuah senyawa sintetis yang mirip manfaatnya dengan asam lemak omega-3 punya banyak manfaat.

Saat tubuh obesitas atau berat badan berlebih, cenderung membuat tubuh tidak mampu memproduksi antioksidan dan sistem imunitas tubuh. Dengan konsumsi makanan kaya asam lemak omega-3, terjadi perbaikan pada dua hal tersebut.

"Ini adalah studi pertama bahwa senyawa 2-hydroxyoleic acid yang mirip dengan asam lemak omega-3 bisa mengembalikan kekebalan tubuh pada orang obesitas," kata penulis studi Fatima Perez de Heredia.

Dia juga menyarankan kita untuk menjalani pola diet Mediterania yang salah satunya dengan mengonsumsi dua porsi ikan kaya asam lemak omega-3 seperti salmon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini