Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

5 Manfaat Kesehatan Mengejutkan dari Sperma

Liputan6.com, Jakarta Anda kini mungkin sudah tahu, seks memiliki banyak manfaat kesehatan yang berarti. Misalnya saja, masih aktif secara seksual setelah berusia di atas 50 tahun membuat Anda lebih panjang umur.

Namun rupanya, manfaat kesehatan dari sperma sering terlewatkan. Memang, info kalau cairan ejakulasi pria ini mengandung banyak protein sudah bukan rahasia. Tapi, perenang-perenang kecil ini masih belum mendapatkan kredit yang layak.

Melansir She Knows, Kamis (16/2/2017), riset tentang sperma saat ini sudah jauh berbeda, dan memberi hasil yang mengejutkan. Berikut manfaat kesehatan dari sperma yang perlu Anda ketahui:

1. Antidepresan alami

Menurut sebuah studi yang dilakukan terhadap 293 wanita di State University of New York di Albany, terpapar air mani bisa menurunkan simtom depresi.

Studi ini membandingkan wanita yang berhubungan seks menggunakan kondom dengan yang tidak. Hasilnya, mereka yang berhubungan seks tanpa lateks secara umum, menunjukkan gejala depresi yang lebih rendah.

Menurut penulis studi, "Data ini konsisten dengan kemungkinan, air mani melawan simtom depresi. Dan bukti menunjukkan, vagina menyerap banyak komponen sperma yang bisa dideteksi dalam aliran darah hanya setelah beberapa jam."

Namun hal ini bukan berarti Anda boleh melakukan seks tanpa pelindung--kecuali tentunya dengan suami atau istri. Walaupun sperma memiliki manfaat kesehatan, seks tanpa pelindung masih bisa membuat Anda terpapar penyakit menular seksual.

2. Membuat tidur lebih lelap

Biasanya orang akan kelelahan setelah berhubungan seks, tapi bukan itu penyebab tidur Anda jadi lebih lelap setelahnya.

Sperma ternyata mengandung melatonin, senyawa yang membuat Anda mengantuk dan rileks.

1 dari 2 halaman

Baik untuk ibu hamil

3. Mengandung banyak multivitamin

Satu sendok teh air mani mengandung lebih dari 200 protein dan beberapa vitamin dan mineral bermanfaat. Termasuk vitamin C, kalsium, klorin, asam citric, fruktosa, asam lactic, magnesium, nitrogen, fosfor, potasium, sodium, vitamin B12, dan zinc.

Walaupun jumlah dari setiap vitamin tergantung dari umur dan kesehatan sang pria, biasanya ada sejumlah besar zinc di dalamnya.

Zinc adalah antioksidan yang bisa memperlambat proses penuaan. Jadi selain berolahraga, rutin berhubungan seks juga bisa membuat Anda awet muda.

4. Seks oral bisa menurunkan tekanan darah

Sebuah studi baru-baru ini menyatakan, menelan sperma secara rutin bisa menurunkan tekanan darah. Wanita yang menelan sperma suaminya saat oral memiliki risiko lebih rendah mengalami preeklampsia--suatu komplikasi kehamilan yang disebabkan tekanan darah tinggi.

Jadi sperma ternyata tak hanya berguna untuk membuat bayi, tapi juga menjaganya sampai proses persalinan.

5. Menurunkan risiko kanker prostat

Bagi pria, manfaat kesehatan bisa dirasakan apabila sperma dikeluarkan. Journal of the American Medical Association melaporkan, frekuensi ejakulasi yang tinggi berhubungan dengan menurunnya risiko kanker prostat.

Artinya, baik Anda melakukannya sendiri atau bersama pasangan, jika Anda rutin ejakulasi, risiko terkena kanker prostat di hari tua akan menurun.

Artikel Selanjutnya
Wanita Berbokong Besar Dijamin Panjang Umur
Artikel Selanjutnya
Jumlah Sperma Kurang dari Nenek Moyang, Manusia Menuju Kepunahan?