Sukses

Kata Dokter, Ciuman Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Banyak studi yang mengungkap manfaat yang didapatkan usai bercinta, salah satunya menurunkan tekanan darah.

Liputan6.com, Jakarta Ciuman merupakan ungkapan kasih dua insan manusia yang saling mencinta. Banyak studi yang mengungkap manfaat yang didapatkan usai ciuman, salah satunya menurunkan tekanan darah.

Menurut dokter bedah plastik asal New York, Ryan Neinstein, pada bibir terdapat pembuluh darah yang melebar pada saat ciuman. "Aliran darah secara langsung mengarah ke wajah dan sekitarnya, sehingga permintaan darah ke jantung menurun yang berpengaruh pada pada menurunnya tekanan darah," katanya.

Selain itu, ciuman juga menurunkan hormon stres yakni kortisol. "Semakin banyak berciuman, pembuluh darah jadi melebar sehingga aliran darah lebih lancar yang berujung pada menurunnya tekanan darah tinggi," ungkap Neinstein lagi.

Efek dari ciuman yang jadi lebih rileks dan tenang juga bisa memberi pengaruh pada tekanan darah. Selain bermanfaat menurunkan tekanan darah, masih ada lima manfaat tak terduga lain dari ciuman. Berikut seperti mengutip Glamour, Kamis (16/2/2017).

1. Memperlambat penuaan kulit

Saat ciuman aliran darah ke wajah meningkat. Semakin banyak aliran darah yang mengalir ke wajah bisa menstimulasi produksi kolagen yang berkontribusi memperlambat tanda-tanda penuaan.

"Aliran darah yang bertambah membantu menutrisi pembuluh darah kecil di wajah guna menyokong kulit tetap sehat dan elastis," kata Neinstein.

2. Olahraga wajah

Ciuman ala french kiss yang melibatkan bibir dan lidah bisa membuat otot-otot di wajah jadi berolahraga. Ciuman seperti ini juga bisa membakar 26 kalori per menit.

"Ada 43 otot di wajah dan delapan di lidah. Sehingga dengan ciuman meningkatkan aliran darah ke seluruh pembuluh darah. Tak mengherankan usai ciuman wajah jadi lebih memerah karena aliran darah lebih lancar," kata Hartselle.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menurunkan cemas

3. Menurunkan rasa cemas

Ciuman melepaskan hormon oksitosin pada tubuh seperti diungkapkan psikiater dari Brown University, Amerika Serikat. Saat hormon ini dilepaskan tubuh menimbulkan perasaan lebih tenang, rileks, dan memiliki ikatan dengan pasangan.

Riset juga menunjukkan ciuman menurunkan tingkat kortisol yang berdampak pada tingkat stres.

4. Membersihkan gigi dan mulut

Asalkan keduanya memiliki kesehatan gigi dan mulut yang baik, ciuman meningkatkan produksi saliva. Cairan ini membantu membersihkan mulut dari bakteri tidak menguntungkan.

"Saliva tambahan membantu melindungi dari asam berlebih di mulut," kata dokter gigi dari New York, Sivan Finkel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini