Sukses

Terlalu Banyak Makan Pisang Sebabkan Alergi Ini

Liputan6.com, Jakarta Umumnya reaksi alergi dipicu akibat makanan laut seperti kepiting, udang, atau cumi. Nyatanya, terlalu banyak mengonsumsi pisang juga mampu menyebabkan alergi yang mengancam jiwa.

Efek yang paling cepat terjadi dari alergi pisang ialah gangguan gastrointestinal yang berpotensi mengarah pada syok anafilaktik, reaksi alergi yang diawali dengan gejala umum seperti mual, muntah, dan rasa sakit di daerah perut.

Menurut Nemours Foundation, alergi pisang ini lebih sering terjadi pada anak-anak dan sebagian orang dewasa. Alergi yang ditimbulkan pada anak biasanya juga mempengaruhi bibir, lidah, dan tenggorokan. The Asthma and Allergy Foundation of America melaporkan individu yang memiliki alergi terhadap lateks (getah kental) biasanya lebih memungkinkan mengalami alergi pisang.

Mengutip laman Live Strong, Kamis (16/2/2017) alergi pisang dapat menjadi masalah serius ketika status kekebalan tubuh sedang rendah. Alergi ini bisa memicu penurunan tekanan darah, menghambat pernapasan, hingga hilang kesadaran.

University of Maryland Medical Center juga mencatat alergi pisang juga menyebabkan rasa sakit yang dahsyat pada perut dan kram. Pada beberapa pasien, reaksi alergi pisang mengakibatkan muntah-muntah dan diare.

Artikel Selanjutnya
Asma Kambuh Akibat Reaksi Alergi, Kok Bisa?
Artikel Selanjutnya
Bahaya Tersembunyi Saat Anda Ciuman