Sukses

5 Cara Lebih Mencintai Diri Sendiri Usai Hari Valentine

Di hari valentine, mencintai diri sendiri mungkin bisa jadi cara terbaik untuk lebih sehat.

Liputan6.com, Jakarta Di Hari Valentine, mencintai diri sendiri mungkin bisa jadi cara terbaik untuk lebih sehat. Ini bukan soal egois, melainkan untuk mengingatkan kita pentingnya fokus menjaga diri sendiri.

Pelatih kehidupan dan konsultan self-discovery dan self-care, Dinorah Nieves, Ph.D., mengatakan sebuah penelitian pernah membuktikan kalau orang yang lebih sehat, produktif dan menyenangkan adalah orang yang memiliki waktu untuk dirinya sendiri.

"Ada perbedaan besar antara menjadi egois dan yang cinta pada diri sendiri. Egois itu istilah untuk mencintai diri sendiri secara berlebihan dan selalu berusaha untuk mengisi kekosongan yang mereka rasakan. Sebaliknya, mencintai diri sendiri adalah tentang menciptakan keseimbangan internal, termasuk menyelaraskan pikiran, tubuh dan jiwa," katanya, seperti dilansir Huffingtonpost, Rabu (15/2/2017).

Lantas, bagaimana mencintai diri sendiri menurut  Nieves? Berikut ulasanya:

1. Melatih diri sendiri

Evaluasi diri itu penting. Coba kembangkan pemahaman akan keterbatasan Anda. Lakukan terapi, kursus, coaching (pelatihan), mentor dan sebagainya.

2. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Anda layak memiliki waktu dengan diri sendiri, belajar sendiri dan mencintai diri sendiri. Mungkin itu satu jam per minggu untuk latihan, atau bahkan mungkin 30 menit per hari. Ada cara untuk menyesuaikan "me time" ke dalam jadwal apapun. 

3. Menghabiskan uang untuk diri sendiri

Setidaknya sebulan sekali, pertimbangkan membeli hadiah untuk menghormati semua yang Anda lakukan. Tidak harus mahal, eksklusif atau luar biasa. Anda dapat membeli sesuatu di sebuah toko aksesoris atau manjakan diri Anda dengan yogurt beku di toko es krim favorit Anda. 

4. Puji diri sendiri

Katakan sesuatu yang baik untuk diri Anda di depan cermin, atau menulis catatan terima kasih ketika mengalami beberapa situasi sulit. 

5. Berhenti mendikte diri sendiri

Orang yang memiliki masalah dengan Anda akan sering mencoba menemukan cara untuk membuat Anda merasa bersalah. Setidaknya, keraguan mereka dapat dengan mudah membuat Anda mempertanyakan komitmen Anda. Maka itu, tetap seimbang jalani hidup dan pastikan mengetahui kekurangan diri untuk memperbaikinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini