Sukses

Buah Nangka Sebaiknya Dihindari Penderita Mag

Buah nangka, yang tinggi kandungan vitamin A, C, magnesium, dan zat besi, ternyata tidak boleh dikonsumsi oleh orang dengan penyakit mag.

Liputan6.com, Jakarta Buah nangka memang kaya akan nutrisi. Namun, buah dengan kandungan vitamin C dan A yang ternyata baik buat kesehatan mata, tidak boleh dimakan oleh penderita mag.

Selain dua vitamin itu, buah nagka juga mengandung magnesium dan zat besi yang baik untuk kesehatan tulang. Hanya saja, buah nangka yang termasuk tinggi kandungan serat tergolong asam, sehingga merangsang produksi asam lambung lebih banyak. Penderita mag pun dapat merasakan perih dan nyeri.

Karena serat yang tinggi itu juga, penderita mag atau gastritis sebaiknya tidak makan nangka karena bisa membuat lambung bekerja ekstra.

dr Alberta Jesslyn Gunardi BMedSc Hons dari Klik Dokter menjelaskan, meski dari tingkat keasaman buah nangka hanya 5,8 yang artinya tidak terlalu asam, buah ini masih tergolong asam, yang dapat meningkatkan produksi gas dalam saluran cerna.

"Sehingga perut Anda akan terasa kembung. Oleh karena itu, sebaiknya penderita mag, jangan mengonsumsi buah nangka," kata Alberta yang lulusan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Bachelor of Medical Science dari Monash University

Jika Anda menderita sakit mag, ujar Alberta, sebaiknya hindari makan buah nangka meski dalam kadar yang rendah. Apabila Anda tetap bersikeras, jangan kaget jika sakit mag Anda dapat bertambah parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.