Sukses

4 Makanan di Hari Valentine Ini Cocok Buat Diabetesi

Hari Valentine identik dengan makanan manis, yang tidak cocok buat orang dengan diabetes. Ini empat makanan sehat yang wajib Anda santap.

Liputan6.com, Jakarta Orang dengan diabetes dan kolesterol tinggi harus hati-hati dalam memilih makanan yang akan disantap pada hari Valentine.

Misalnya saja menghindari makanan berlemak yang berasal dari santan, terlalu asin, maupun terlalu manis. Dikhawatirkan kondisi yang semula dapat terkontrol malah jadi kambuh.

Berikut sajian makanan sehat yang harus Anda coba di hari Valentine seperti anjuran dr Kartika Mayasari dari Klik Dokter dikutip Health Liputan6.com pada Selasa (14/2/2017)

1. Cokelat hitam

Baik orang yang sedang diet maupun yang mengidap diabetes masih bisa menyantap cokelat khas hari Valentine, asalkan cokelat hitam asli tanpa tambahan gula sama sekali.

Kartika menyarankan cokelat hitam karena camilan manis dan sehat ini mengandung flavonoid, antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

"Dengan demikian, kesehatan jantung dan pembuluh darah bisa terjaga dengan baik," ujarnya.

2. Agar-agar

Agar-agar yang dibuat sendiri dengan bahan dasar rumput laut sangat dianjurkan. Sebab, camilan ini mengandung serat yang cukup, sehingga cocok diberikan kepada pasangan atau si buah hati yang kurang menyukai sayur.

Rumput laut sendiri mengandung kalsium dan vitamin K yang sangat tinggi. Bahkan, kalsium di rumput laut lima kali lebih besar dibanding susu.

"Namun, harus diingat, bukan berarti agar-agar dapat menggantikan sayur," katanya.

3. Salmon

Buat Anda dengan kolesterol tinggi harus menyantap makanan yang terbuat dari salmon di hari Valentine. Kandungan omega-3 di dalam ikan salmon membantu mengurangi kadar kolesterol darah, menjaga fleksibilitas pembuluh darah, menguatkan otot jantung.

"Sebaiknya salomn tersebut dimasak dengan cara dikukus ketimbang digoreng," kata Kartika.

4. Buah-buahan

Anda bisa lho memotong buah menjadi bentuk hati atau bunga mawar sesuai temanya yaitu hari Valentine.

"Banyak penelitian menyebutkan bahwa rajin mengonsumsi buah-buahan setiap hari bisa mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke. Karena itu, jangan anggap remeh kebiasaan makan buah," kata Kartika menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini