Sukses

Alasan Wanita Lebih Sering Sakit Kepala Sebelah Dibandingkan Pria

Liputan6.com, Jakarta Wanita diyakini lebih rentan terhadap penyakit terkait stres dan alergi tertentu seperti sakit kepala sebelah atau yang lebih sering disebut migrain, dibandingkan pria.

Seperti dimuat situs Times of India, Senin (13/2/2017), sakit kepala sebelah yang terasa menyengat tiada henti ini lebih sering mengintai para wanita karena adanya perbedaan yang ditemukan dalam sel mast wanita dan pria.

Sel mast adalah salah satu jenis sel darah putih yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Sel mast memainkan peran yang sangat penting sebagai agen sistem kekebalan tubuh untuk menangani masalah kesehatan yang berhubungan dengan stres dan alergi yang umumnya mengakibatkan serangan migrain.

“Ada lebih dari 8.000 gen wanita yang berbeda dari yang ditemukan pada sel mast pria,” ujar seorang profesor di Michigan State University, AS, Adam Moeser.

Ia melanjutkan, “Meski sel mast yang ditemukan pada pria dan wanita memiliki jumlah gen yang sama pada kromosom mereka, namun cara gen tersebut bertindak berbeda antar satu sama lain."

Gen pada sel mast milik wanita diketahui tidak seaktif yang ditemukan pada pria dalam menangani masalah kesehatan seperti menurunnya sistem kekebalan tubuh yang berujung migrain.