Sukses

Sarang Ribuan Bakteri, Bersihkan Pusar dengan Benar

Pusar merupakan salah satu area di tubuh yang menyimpan paling banyak kuman, jadi pastikan Anda membersihkannya dengan benar.

Liputan6.com, Jakarta Pusar atau yang sering disebut dengan udel menjadi bagian tubuh yang nampaknya tidak perlu dibersihkan. Namun, tanpa disadari rupanya hadir beribu macam bakteri di dalam pusar yang membahayakan tubuh.

Lantas, haruskah membersihkan pusar? Dan bagaimana cara terbaik dan teraman membersihkannya?

Melansir Women's Health, Senin (13/2/2017) menurut penelitian dari North California State University mengatakan setidaknya ada 67 spesies bakteri yang tumbuh dalam pusar, sehingga membutuhkan cara khusus untuk membersihkannya.

Ketika pusar tidak dibersihkan sama sekali, berpotensi mengeluarkan bau tak sedap dan infeksi. Alexandria Booth, dokter spesialis kulit dari Health Care Partners menyarankan untuk membersihkan pusar setiap mandi.

Dalam satu minggu setidaknya anda membersihkan pusar menggunakan cotton bud yang dibasahi air bersih. Booth juga menyarankan untuk individu memeriksakan kesehatan dan kebersihan pusar pada dokter spesialis kulit.

"Peralatan yang memadai dan tenaga medis profesional dapat membersihkan dalam pusar secara aman," kata dokter Booth.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.