Sukses

3 Waktu Anda Tak Boleh Beli Sepatu Lari Secara Online

Liputan6.com, Jakarta Belanja online memang memiliki keuntungannya sendiri. Selain harga yang didapat lebih murah, toko-toko online juga biasanya menyediakan barang-barang yang tidak ditemukan di mal.

Namun, untuk beberapa barang sebaiknya tidak Anda beli secara online. Hal ini karena Anda perlu untuk bisa mencobanya secara langsung, seperti misalnya sepatu lari.

Seperti dilansir dari She Knows, Minggu (12/2/2017) ada tiga waktu yang jadi alasan Anda sebaiknya jangan membeli sepatu lari secara online:

1. Ketika membeli sepatu lari pertama

"Kaki Anda dibentuk berdasarkan genetik, struktur tulang, jaringan tisu, umur, dan bahkan trauma dan penyakit," jelas Ken Jung, M.D., seorang dokter bedah kaki dan pergelangan di Kerlan-Jobe Orhopaedic Clinic di Los Angeles, "jadi kaki sangat unik bagi Anda."

Ini artinya jika Anda memulai suatu olahraga baru, berlatih untuk mengikuti maraton pertama, atau malah baru mulai berolahraga secara keseluruhan, Anda harus mengunjungi toko di mana Anda bisa mencoba berbagai macam jenis sepatu, dan mencoba berlari menggunakan sepatu inni.

Toko sepatu yang bagus akan membiarkan Anda mencoba berlari di dalam toko mereka untuk memastikan sepatu Anda sudah tepat. Pelayan toko juga akan bisa membantu Anda menemukan sepatu yang sesuai dengan kebutuhan.

Begitu Anda sudah tahu sepatu lari mana yang cocok buat Anda, silahkan untuk membelinya secara online di kesempatan selanjutnya.

1 dari 3 halaman

2. Saat hamil

Jika Anda seperti 60-70 persen wanita hamil, kaki Anda akan bertambah besar seiring membesarnya perut. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Physical Medicine & Rehabilitation menemukan, tak hanya kebanyakan wanita hamil membesar dan memanjang kakinya selama kehamilan, tapi lekukan kaki Anda juga akan menjadi lebih datar. Hal ini disebabkan hormon yang membuat ligamen dalam tubuh Anda menjadi lebih relaks.

Dan sayangnya, perubahan ini biasanya bersifat permanen. Ditambah pembengkakan yang biasanya terjadi di tahap akhir kehamilan, wajar jika sepatu lari Anda kemudian terasa sempit.

Jika ini terjadi, sebaiknya Anda tidak menerka-nerka ukuran baru Anda agar bisa membeli sepatu lari secara online. Namun, datangilan toko di mana pelayan toko bisa melakukan pengukuran yang tepat pada kaki Anda.

2 dari 3 halaman

3. Saat cedera

Tendonitis, plantar fasciitis, dan cedera tulang kering adalah cedera yang sering terjadi saat berlari, kata Jung. Dan cedera ini bisa diperparah oleh sepatu Anda.

Banyak orang yang terus berlari walaupun merasa sakit, tapi ini bisa berbahaya, lanjutnya. Jika Anda merasakan sakit kronis, sebaiknya Anda menemuini dokter spesialis olahraga atau podiatrist untuk menemukan akar permasalahan.

Mereka juga bisa mengarahkan Anda pada sepatu yang lebih sesuai untuk kondisi Anda, atau melengkapi sepatu Anda dengan perlengkapan yang bisa memperbaiki cedera Anda.

 

 

Artikel Selanjutnya
5 Tanda Anda Membutuhkan Sepatu Lari Baru
Artikel Selanjutnya
5 Tips bagi Anggota Pemula di Pusat Kebugaran