Sukses

Janin Terlihat Lebih Jelas dengan MRI Dibanding USG

Liputan6.com, Inggris Ingin tahu apa yang dilakukan bayi Anda di dalam rahim? Sebuah video yang diunggah dari hasil pemindaian magnetic resonance imaging (MRI) ternyata mampu memperlihatkan lebih rinci gambar aktivitas sang buah hati dibandingkan hasil ultrasound--ultrasonography (USG) 3 dimensi.

Teknologi MRI terbaru ini tengah dikembangkan oleh iFIND, sebuah tim peneliti internasional dari Inggris, Italia, dan Hospital for Sick Children di Toronto. Saluran Mum, situs video parenting yang berbasis di Inggris merilis rekaman video dari bayi di dalam rahim pada 10 Februari 2017.

Metode ini menggunakan teknologi baru dan algoritma kompleks yang menunjukkan, seluruh rahim ibu hamil secara lebih rinci, sesuai ditulis Today's Parent, Sabtu (11/2/2017). Para ibu hamil dapat menonton bayi mereka yang belum lahir--yang masih berusia 20 minggu.

Bayi terlihat menendang, melakukan peregangan, menelan bahkan bermain dengan tali pusarnya.

Tiap tendangan manis dan kepala juga pantat bayi dalam video ini memungkinkan Anda merasa seperti sedang memukul dari dalam ke luar. Padahal, bayi Anda tengah asyik berpesta dansa sepanjang malam di dalam rahim.

1 dari 2 halaman

Dari stetoskop ke MRI

Dari stetoskop ke MRI

Melalui teknologi MRI, dokter dapat melihat apa yang terjadi di bawah kulit bayi. Bahkan Anda dapat melihat ruang kecil dan katup jantung bayi.Penggunaan pencitraan prenatal pada teknologi ini telah ada selama bertahun-tahun.

Pemindaian USG hitam dan putih tradisional dengan scanner genggam diciptakan pada 1950-an dan tidak umum digunakan di rumah sakit dan klinik di Amerika Utara sampai 1970-an.

Jauh sebelum adanya USG, para dokter dan bidan menggunakan stetoskop janin, yang juga dikenal sebagai tanduk pinard (pinard horns)-stetoskop yang tampak berfungsi layaknya terompet telinga.

Ultrasound 3D diperkenalkan pada pertengahan 1990-an dan dipopulerkan di tahun 2000-an.

Para peneliti tidak berpikir, video hasil MRI, yang viral ini akan mengubah cara ibu hamil berisiko rendah memantau kehamilan sewaktu-waktu. Tapi teknologi modern ini termasuk menakjubkan untuk diterapkan.

Simak video bayi di dalam rahim hasil MRI di bawah ini.

Artikel Selanjutnya
Bayi di 3 Negara Ini Ternyata Lebih Sering Menangis
Artikel Selanjutnya
Teknologi Pemindai Wajah Bisa Deteksi Penyakit Langka