Sukses

Coba Konsumsi 9 Makanan Ini Saat Diare

Untuk mencegah diare, Anda harus makan makanan tertentu yang akan membuat Anda merasa lebih baik

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang Anda konsumsi dapat menyebabkan diare dan ini tentu saja akan menimbulkan ketidaknyamanan. Diare mampu mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda.

Untuk mencegah hal itu, Anda harus makan makanan tertentu yang akan membuat Anda merasa lebih baik dan menghentikan diare secara efektif.

Keracunan makanan adalah sesuatu yang akan memicu timbulnya diare sehingga Anda perlu melindungi diri dengan megubah diet Anda.

Diare juga dapat terjadi karena beberapa antibiotik atau beberapa penyakit seperti penyakit kronis. Diare bisa juga disebabkan air atau makanan yang terkontaminasi oleh bakteri, virus atau intoleransi makanan dan banyak lagi.

Dehidrasi merupakan salah satu gejala utama ketika Anda diare. Minum banyak air akan membantu mencegah risiko diare lebih lanjut. Artikel ini akan membantu Anda untuk memilih makanan terbaik yang mampu mencegah diare, seperti yang dilansir Boldsky, Sabtu (11/2/2017):

1. Kaldu Tulang

Kaldu Tulang kaldu kaya akan nutrisi penting dan mendukung fungsi kesehatan dari sistem pencernaan. Makanan ini mudah dicerna dan membantu Anda dalam mengatasi diare. Kaldu Tulang bisa menjadi pilihan pertama saat Anda diare.

2. Probiotik

Probiotik membantu dalam pencegahan dan pengobatan diare. Bakteri dalam probiotik akan melawan penyebab infeksi atau lainnya sehingga lingkungan saluran pencernaan Anda menjadi normal. Ini dianggap juga sebagai salah satu makanan terbaik untuk mencegah diare.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gandum

3. Gandum

Gandum memiliki kandungan serat yang tinggi dan mampu menyerap penyebab diare dalam saluran pencernaan dan mengeluarkannya bersama kotoran saat buang air besar.

4. Pisang

Pisang mudah dicerna dan membantu mengganti elektrolit yang hilang, ketika tubuh kehilangan cairan dan nutrisi karena diare. Ini adalah salah satu makanan yang bagus untuk menyembuhkan diare.

5. Jus Sayuran

Anda membutuhkan nutrisi yang cukup saat diare. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mencukupi vitamin dan mineral yang dapat diambil dalam bentuk jus sayuran. Hal ini dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk mencegah diare.

3 dari 3 halaman

Ubi

6. Ubi Jalar

Ubi memiliki sifat anti-inflamasi dan mengandung kalium,vitamin A, C dan B6. Hal ini membantu untuk pembentukan kotoran dan juga menyediakan energi yang cukup bagi tubuh.

7. Flax Seed Oil

Minyak biji rami membantu dalam mengurangi kedua sembelit dan diare. Minyak ini mengandung asam lemak omega-3 yang membantu melawan peradangan dan memberikan gizi yang cukup.

8. Jahe

Jahe akan membantu pencernaan Anda dalam mengatasi rasa mual, muntah dan diare secara efektif. Jahe juga mencegah perkembangan bakteri penyebab diare.

9. Peppermint Oil

Minyak peppermint akan membantu dalam mengurangi peradangan usus dan juga mengurangi diare. Minyak ini akan memberikan efek mendinginkan dan menenangkan tubuh Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.