Sukses

Keuntungan Rutin Makan Jeruk, 7 Keuntungan Ini Dijamin Anda Dapat

Mulai dari menurunkan kolesterol hingga membuat kulit lebih bercahaya berikut manfaat mengonsumsi jeruk.

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti sudah paham betul, buah-buahan sitrus seperti jeruk dan lemon merupakan salah satu sumber makanan vitamin C. Kehadiran vitamin ini berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh. Namun masih ada alasan lain Anda perlu mengonsumsi jeruk.

Mulai dari menurunkan kolesterol hingga membuat kulit lebih bercahaya berikut manfaat mengonsumsi jeruk mengutip Time, (10/2/2017).

1. Sumber serat

Nampaknya saat makan jeruk tidak begitu terasa ya seratnya. Namun dalam satu jeruk mengandung 2,3 gram serat dengan kebutuhan serat setiap hari sekitar 25 gram.

Uniknya, serat pada jeruk termasuk mudah laru. Hal ini membantu dalam menurunkan kolesterol serta membantu menstabilkan kadar gula.

2. Baik untuk jantung

Buah-buahan kelompok sitrus mengandung flavonoid yang bagus bagi kesehatan jantung seperti diungkapkan ahli nutrisi Keri Gans.

3. Memperpendek lama pilek

Dalam satu jeruk terdapat 51 mg vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga saat pilek melanda perbanyak asupan makan jeruk atau lemon. Menurut ahli nutrisi Marisa Moore, banyak mengonsumsi jeruk atau lemon mampu memperpendek durasi pilek.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kulit lebih bercahaya

4. Kaya kalium

Tak cuma pisang yang kaya kalium, jeruk juga. Kehadiran kalium membantu menyeimbangkan mineral dalam tubuh. Selain itu, kehadiran kalium juga membantu 'mengusir' garam berlebih dalam tubuh.

5. Membantu tubuh menyerap nutrisi lain

Dengan mengonsumsi jeruk, asupan nutrisi dari makanan lain lebih mudah diserap tubuh. Salah satunya dalam membantu menyerap zat besi. Sehingga ahli nutrisi, Wendy Bazilian, menyarankan untuk memasangkan makan sitrus dengan makanan kaya zat besi seperti sayuran hijau, ikan, dan daging.

Makan Jeruk Bikin Awet Muda, Kok Bisa?

6. Kulit lebih bercahaya

Lagi-lagi, karena kandungan Vitamin C dalam jeruk itu bagus bagi kulit. Vitamin yang satu ini memainkan peran penting dalam produksi kolagen, sehingga kulit bercahaya dan lembut.

Fakta ini didukung lewat studi dalam American Journal of Clinical Nutrition di 2007. Partisipan yang asupan vitamin C dalam tubuhnya tercukupi, cenderung lebih lambat muncul keriput dan kulit tidak kering.

7. Membantu menurunkan berat badan

Buah yang satu ini rendah lemak dan kalori, sehingga buah yang bersahabat bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini