Sukses

Gaya Ciuman Ini Bisa Bikin Gigi Anda Berlubang

Ciuman bibir bisa jadi sesuatu yang romantis, sayangnya juga memiliki bahaya mulai dari gigi berlubang sampai meningitis.

Liputan6.com, Jakarta Mencium pasangan merupakan salah satu bentuk cinta dan kasih. Sayangnya, aktivitas ciuman yang ekstrim seperti french kiss, yaitu gaya ciuman salah satu atau kedua pasangan saling menyentuh lidah hingga masuk ke mulut, menyebabkan beberapa kerugian yang mengancam kesehatan tubuh.

Berikut lima kerugian yang berpotensi melanda Anda usai melakukan gaya ciuman french kiss seperti dikutip Cosmopolitan, Jumat (10/2/2017).

1. Bakteri menyebar

"Mulut dapat berfungsi sebagai jalur transmisi untuk kuman masuk ke sistem percernaan dan pernapasan yang menyebabkan infeksi," kata Kelly Reynolds, PhD, seorang microbiologist dari University of Arizona's Zuckerman College of Public Health.

Reynolds menjelaskan, kontak air liur antar individu dapat menyebarkan patogen yang bereaksi selama beberapa hari di dalam tubuh dan berujung dengan beragam penyakit.

2. Risiko meningitis

Menurut Reynolds, patogen yang ditularkan dari ciuman dan menghasilkan virus bisa bertahan selama sepuluh hari. Ironisnya, patogen tersebut bisa mengancam kerusakan tubuh pada beberapa orang yang memiliki imun lemah dan menyebabkan radang hingga meningitis.

3. Infeksi seksual

Air liur juga dapat menyebabkan infeksi seksual seperti gonore, sifilis, herpes, dan HPV.

4. Gigi berlubang

Ciuman dapat mempertemukan bakteri pada plak gigi dan menularkan infeksi hingga membuat gigi berlubang semakin parah.

5. Picu reaksi alergi

Menurut survei di Swedia, 12 persen orang yang mencium pasangan mereka yang memiliki alergi, mengalami reaksi alergi seperti gatal-gatal, pembengkakan wajah, dan sesak napas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini