Sukses

Makan Buah Bisa Seseru Ini

Kurangnya konsumsi buah dan sayur sebenarnya bisa diakali dengan cara menyajikan buah dengan seru

Liputan6.com, Jakarta Kurangnya masyarakat makan buah dan sayur sebenarnya bisa diakali dengan cara menyajikan buah dengan seru. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan misalnya, membuat popsicle atau es loli bersama keluarga.

 

“Melalui kampanye 'Serunya Makan Buah' di media sosial, kami ingin menginspirasi para ibu modern untuk menyajikan buah lebih kreatif dan menarik dalam bentuk es loli yang berbahan dasar buah segar dihaluskan dengan blender, sehingga anak mau dan tidak bosan mengkonsumsi setiap hari.eningkatkan konsumsi buah anggota keluarga,” kata Senior Marketing Manager Domestic Appliances, Philips Personal Health Indonesia, Maria V. Simanjuntak, melalui keterangan pers, Kamis (9/2/2017).

Menurut Maria, hampir seluruh buah-buahan seperti mangga, nanas, jambu biji, strawberry dan pisang pada umumnya mengandung vitamin A, B dan C3 yang berguna untuk tubuh. Buah-buahan ini dapat dikreasikan sehingga mampu membangkitkan keinginan untuk mengkonsumsinya. 

Para ibu juga dapat berbagi kreasi resep sehat dengan bahan dasar buah melalui akun media sosial dengan hashtag #SerunyaMakanBuah dan berbagi tips sehat dengan hashtag #PhilipsHealthyTips.

“Di era media sosial yang dinamis, setiap ibu modern pasti mudah mendapatkan inspirasi dan berkreasi menyiapkan makanan dan minuman sehat untuk keluarga di rumah. Ibu bisa memastikan bahan dan proses pengolahannya bersih, bergizi dan aman dikonsumsi. Kebiasaan makan makanan sehat dari rumah, diharapkan bisa menumbuhkan kebiasaan gaya hidup makan sehat bagi seluruh anggota keluarga,” ujar Maria.

 

Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia 2014, menyebutkan bahwa konsumsi buah yang cukup berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol darah, dan mengurangi resiko obesitas.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), secara umum dianjurkan untuk konsumsi sayuran dan buah-buahan 300-400 gram per orang per hari untuk anak balita dan anak usia sekolah. 

Namun sebuah studi dari American Journal of Preventive Medicine, tahun 2013 yang mewawancarai 23 anak yang duduk di bangku sekolah dasar dan sekolah menengah, mereka menganggap bahwa buah segar memiliki ukuran terlalu besar dan kurang nyaman untuk dikonsumsi, selain itu makan buah dianggap tidak menarik dan mudah berantakan saat dimakan.

Berikut resep popsicle yang bsia Anda coba:

Lychee Yoghurt Popsicle 

Porsi: 3 popsicle

Bahan:

Yoghurt rasa leci | 200 cc

Susu cair | 50 cc

Pisang ambon | 50 gram

Gula cair atau madu | 2 sdm

Cara Membuat:

Masukkan yoghurt, pisang, susu cair dan gula cair ke dalam blender. Blender sampai halus.

Masukkan ke dalam cetakan popsicle. Tutup cetakan popsicle. Bekukan di dalam freezer.

 

Strawberry Yoghurt Popsicle

Porsi: 3 popsicle

Bahan:

Yoghurt rasa Strawberry | 200 cc

Susu cair | 50 cc

Strawberry | 50 gram

Gula cair atau madu | 3-4 sdm

Cara membuat:

Masukkan yoghurt, strawberry, susu cair dan gula cair ke dalam blender. Blender sampai halus.

Masukkan ke dalam cetakan popsicle. Tutup cetakan popsicle. Bekukan di dalam freezer.

 

Grape Yoghurt Popsicle

Porsi: 3 popsicle

Bahan:

Yoghurt rasa Anggur | 200 cc

Susu cair | 50 cc

Buah Naga | 50 gram

Gula cair atau madu | 3-4 sdm

Cara membuat:

Masukkan yoghurt, buah naga, susu cair dan gula cair ke dalam blender. Blender sampai halus.

Masukkan ke dalam cetakan popsicle. Tutup cetakan popsicle. Bekukan di dalam freezer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.