Sukses

8 Langkah Pencet Jerawat Tanpa Takut Iritasi Kulit

Pencet jerawat memang dilarang karena ditakutkan iritasi kulit. Namun, sudah ada cara aman agar memencet jerawat menjadi lebih aman.

Liputan6.com, Jakarta Tangan terasa gatal bila tidak memencet jerawat di wajah. Meski sudah tahu bahwa memencet jerawat bisa menimbulkan infeksi, tetap saja kebiasaan buruk ini sulit dihindari.

Kita tidak boleh sembarangan pencet-pencet jerawat karena bila cairan yang keluar mengenai pori-pori di sekitar area wajah, dapat menyebabkan munculnya jerawat baru.

Kita pun harus tahu bahwa jerawat terdiri dari sebum dan bakteri yang berada di bawah permukaan kulit. Sehingga jika dipencet secara paksa, dapat menimbulkan efek samping, seperti iritasi kulit.

Namun, bersyukurlah Anda yang memiliki hobi memencet jerawat. Sebab, dr Dyah Novita Anggraini dari situs Klik Dokter punya cara aman memencet jerawat agar tidak iritasi, pada Selasa (9/2/2017)

1. Jangan memencet jerawat terlalu dini. Ditakutkan akan meradang. Ada baiknya tunggu sampai jerawat terlihat putih pada bagian ujung.

Ini dinamakan komedo tertutup atau whitehead, jenis komedo yang tampak seperti bintik-bintik kecil yang berwarna putih atau kuning

2. Cuci tangan secara menyeluruh. Jangan lupa sikat kuku Anda menggunakan sabun. Bilaslah dengan air hangat.

3. Sterilkan alat pemencet jerawat dengan api jika Anda tidak memiliki alat steril di rumah. Biarkan alat pemencet jerawat tersebut dingin, kemudian bilas dengan cairan alkohol 70 persen.

4. Bersihkan permukaan jerawat dengan alkohol

5. Bersihkan tangan dengan alkohol lalu keringkan

6. Letakkan alat pemencet jerawat sejajar dengan permukaan kulit Anda. Tusuk bagian ujung kepala jerawat yang berwarna putih. Kemudian tarik ke atas untuk membuka bagian atas jerawat. Anda tidak akan merasakan nyeri karena yang ditekan merupakan sel kulit yang sudah mati

7. Sebaiknya hentikan kegiatan memencet jerawat bila nanah tidak keluar setelah ditekan. Itu menandakan bahwa jerawat belum siap untuk dipencet

8. Basuh jerawat yang sudah dipencet tadi dengan kapas alkohol.

Namun, kata nadya, ada baiknya melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit, agar Anda mendapat penanganan yang optimal mengenai jerawat tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini